Lombok Timur - Reportase7.com




Organisasi Nahdatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) menggelar muktamar ke-1 yang dipusatkan di YPH Pondok Pesantren Darunnahdlatain NWDI Pancor, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat pada 29-31 Januari 2022. Dimana muktamar perdana ini, diikuti 1.244 perserta dari utusan setiap daerah se-indonesia dan Luar Negeri.

Muktamar NWDI ini dibuka secara resmi oleh Presiden, Ir. H. Jokowidodo melalui Virtual Zoom secara langsung. (30/01/2022)

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa, lahirnya NWDI telah memberikan warna dan perubahan terhadap kehidupan bangsa dan negara. Melalui kiprahnya di dunia pendidikan.

Menurutnya, sosok TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Majdid merupakan figur yang sangat visioner dan teladan dalam memimpin gerakan perubahan sosial masyarakat dan menjadi motor penggerak kemajuan ummat.

“Tuan Guru Muhammad Zainuddin Abdul Majid adalah ulama besar yang visioner karena sudah berpikir jauh kedepan bahwa untuk keluar dari ketertinggalan dan keterbelakangan kunci pada penguatan sumber daya manusia melalui jalur pendidikan,” ucapnya.

Dengan mendirikan dan mengembangkan NWDI dan Madrasah Nahdlatul Banat Diniyah Islamiyah (NBDI) untuk kaum perempuan. Jasa dan kepeloporannya melahirkan lulusan pertama tahun 1940 yang tersebar di seluruh pelosok Nusantara.

“Di antaranya ada yang langsung terjun ke masyarakat sebagai pengajar melalui majelis-majelis baik di masjid maupun di tempat lain. Utamanya di desa NTB dan berbagai daerah di Indonesia,” tungkasnya.



Pewarta : Red
Editor : R7 - 01