Sumbawa Barat - Reportase7.com




Berbagai cara pemerintah Desa untuk mensejahterakan rakyatnya, melalui program - program strategis berbasis Desa. Barometer kesuksesan pemerintah berawal dari suksesnya pembangunan dan kesejahteraan dari Desa. Hal ini terlihat apa yang di canangkan oleh pemerintah Desa Talonang Baru, Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat bersama Masyarakat dalam mensukseskan program Desa. ( 08/02/2022)

Desa Talonang Baru merupakan Desa yang menjadi perhatian khusus beberapa instansi selama ini, baru - baru ini pemerintah Desa Talonang melalui program strategisnya mengalokasikan anggaran guna memenuhi pelayanan dan fasilitas program yang selama ini telah di rencanakan.

Dalam hal pencangan program berkelanjutan, Desa Talonang Baru yang terletak di perbatasan Kabupaten Sumbawa ini telah menganggarkan beberapa jenis bibit buah-buahan untuk kembangkan di daerahnya.

Pemerintah Desa Talonang Baru lewat RAPBDes tahun 2022 mengalokasikan anggaran untuk ketahanan pangan di food estate berupa pengadaan bibit buah seprti  alpukat, rambutan dan pisang cavendis.

Berdasarkan usulan Kelompok Tani Hutan (KTH) Sampar Baru yang di ketuai oleh Syaifullah, mengusulkan kepada pemerintah Desa untuk mendatangkan bibit pisang Cavendia, mengingat geografis dan kondisi tanah serta alam di Desa Talonang Baru sangat cocok untuk di tanam dan kembangkan.

"Sangat menarik buah pisang cavendish yang sudah jelas pangsa pasarnya dan kerja sama dengan PBU PT AMNNT," jelas ketua KTH Sampar Baru Syaifullah.

"Kedepan Desa Talonang baru akan menjadi pemasok terbesar khususnya pisang cavendish," lanjut Efost sapaan akrabnya.

Sementara itu Kepala Desa Talonang Baru Budi Haryo SP, menyambut baik apa yang menjadi keinginan masyarakat serta usulan KTH Sampar Baru, agar program - program strategis dan dapat di kelolah oleh masyarakat menjadi prioritasnya di tahun 2022 ini.

"Kita tau bahwa pada umumnya masyarakat kita adalah bertani, oleh karena itu apa yang telah di usulkan KTH Sampar Baru untuk mendatangkan beberapa jenis buah menjadi prioritas kami di pemerintah Desa dan berkoordinasi denganDinas terkait," ungkap Kades.

Mengingat luas lahan yang ada di Desa Talonang Baru sangat mungkin bila nanti bisa di tanami dengan berbagai jenis buah -  buahan yang bisa menjadi pundi - pundi perekonomian masyarakat setempat.


"Petani sejahtera Indonesia maju," timpal Budi.

Perintah Desa Talonang Baru sangat berharap kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat serta pemerintah Provinsi NTB dalam hal ini agar dapat membantu apa yang telah di rencanakannya dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

Kami mohon kepada pihak pemerintah  ataupun pihak swasta dalam hal ini PT AMNNT untuk dapat membantu memfasilitasi pemasarannya nanti terutama pisang cavendish.

" Kami dari pemerintah Desa Talonang Baru bersama masyarakat siap menjadi penyuplai pisang Cavendish, dari pada di datangkan dari luar KSB," pungkasnya.


Pewarta : YD
Editor : R7 - 01