Sumbawa - Reportase7.com



Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar halal bi halal di halaman Kantor Bupati, Kamis malam, 12 Mei 2022 kemaren.

Penceramah tunggal menghadirkan tokoh utama Lintas Agama Dunia, Prof. Dr. H.M. Din Syamsuddin, MA yang juga pelopor utama Dialog Antarperadaban dan Presiden Konferensi Dunia untuk Agama dan Perdamaian yang berpusat di New York, Amerika Serikat. (13/05/2022)

Dalam ceramahnya, Pengasuh Pesantren Modern Internasional Dea Malela, itu antara lain berpesan, dengan menunaikan puasa Ramadhan diharapkan fungsi Ramadhan dapat  terjadi penyucian jiwa dan penguatan jiwa, sehingga kita menjadi hamba yang memiliki kualitas iman dan taqwa.

Untuk itu, Prof Din mengajak umat Islam, khususnya hadirin dan hadirat agar memaknai ibadah puasa yang diakhiri Idul Fitri dengan halal bi halal untuk mendapat kesucian dan kekuatan sehingga kemenanagan dapat kita raih, dan semoga kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan berikutnya.

Manifestasi yang diraih, tegas Prof Din, agar kita meningkatkan persatuan dan mempererat ukhwah islamiyah dan ukhwah  imamiyah menuju Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban.

Dikatakan Prof Din, salah satu cara meningkatkan persatuan dan mempererat ukhuwah adalah dengan menjunjung tinggi konsistensi keberagamaan melalui prinsip beraqidah, yaitu bagimu agamamu, bagiku agamaku, tetapi kita tetap  bersaudara.


Di akhir ceramahnya, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah dua periode, itu melafaskan doa. Salah satu doanya, Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku dan hidup kami.

Hadir Bupati Sumbawa dan istri. Wakil Bupati Dewi Noviany berhalangan karena sedang dinas ke luar daerah. Para pejabat, politisi, tokoh agama, dan masyarakat. Di antara politisi adalah Abi Mang, sapaan akrab Dr. Drs. Arahman Alamudy, SH, M. Si.


Pewarta : Didin Maninggra
Editor : R7 - 01