Sumbawa - Reportase7.com


Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo mengatakan bahwa perintah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) yang diteruskan kepada Kolinlamil satuan untuk berangkat ke Sumbawa mendukung event MXGP Samota. (25/06/2022)

"Kita sudah berada di Sumbawa dari tanggal 22 kemarin rencananya hingga 27 Juni 2022 untuk memfasilitasi event MXGP dalam hal hotel terapung sesuai perintah atasan," ujarnya.

Lebih lagi Bambang juga menambahkan TNL AL menyiapkan kamar sebanyak 220 tempat tidur di KRI Banjarmasin-592 dimana terdiri dari kamar VVIP hingga biasa.

"Satu kamar ada yang sendiri, seperti VVIP lengkap dengan kamar mandi dalam, ada juga yang 6, bahkan satu kamar ada yang 16 tempat tidur dan 34 namun itu kamar mandinya di luar," jelas Komandan KRI Banjarmasin-592 Letkol Laut (P) Bambang Purnomo saat di wawancarai awak media.

Sementara itu, Bambang juga menjelaskan awal dibuatnya KRI Banjarmasin dimana pada tahun 2009 dan diperbaiki pada tahun 2019 dan merupakan buatan asli Indonesia yakni PT. PAL.

"Tahun 2009 dibuat, ini kapal berumur 13 tahun dimana selalu dilakukan perbaikan dari tahun 2019 lalu dan baru 2 tahun beroperasi," tandas Bambang.

Lebih lanjut, KRI Banjarmasin ini memiliki kapasitas mengangkut prajurit sebanyak 900 orang, 20 Tank, dan 5 Helikopter.

Dijelaskan fasilitas KRI Banjarmasin-592 yang menjadi hotel terapung guna mendukung event MXGP mendapat respon baik dari masyarakat dimana dari berbagai wilayah mengunjungi kapal tersebut hanya untuk berfoto.

"Semua warga kita persilahkan melihat lihat bahkan ada yang berfoto, nah disela sela itu kami TNI AL juga melakukan sosialisasi kepada mereka tentang Angkatan Laut siapa tau nanti ada anak anak yang bercita cita menjadi TNI AL," harap Komandan KRI Banjarmasin-592.

Saat menjadi hotel pendukung di event MXGP Samota Komandan KRI Banjarmasin-592 mengatakan bahwa sebanyak 129 perajurit diikut sertakan guna membanti untuk melayani para tamu.

"Sebanyak 129 perajurit kita bawa, jika ada yang tidak bertugas maka akan melayani dan membantu para tamu yang menginap. Ini semata mata untuk mendukung event MXGP Samota dengan cara meberikan fasilitas dan pelayanan yang baik, bahkan hiburan disiapkan juga," tutupnya.

Pewarta : Red
Editor : R7 - 01