Mataram - Reportase7.com


Obrolan bergizi (OZI) Kakanwil Kemenag NTB, Dr. M. Zaidi Abdad bersama Tim Penilai ZI dari Ortala Kemenag RI diruang Kakanwil, Selasa 26 Juli 2022 kemaren. Obrolan santai tapi subtantip dan penuh isi berlangsung akrab. Diskusi dan obrolan membahas strategi yang perlu dan penting dilakukan Kanwil Kemenag NTB untuk mencapai ZI menuju WBK dan WBBM. (27/07/2022)

Kedatangan rombongan tim penilai ZI sebanyak 12 orang ke Kemenag NTB selain memberikan pendampingan kepada Tim Kerja Pembangunan ZI Kemenag NTB, juga secara langsung berdiskusi, memberi masukan kepada Kakanwil langsung sebagai Pimpinan tertinggi di Kemenag NTB.

Dikatakan Kartika Damawanti sebagai pengendali teknis  bahwa, mencapai ZI membutuhkan kreatifitas, inovasi dan berpikir out of the box tanpa mengurangi, apa lagi menghilangkan hal yang subtantif.

"Banyak kebijakan kecil, sederhana yang bisa dilakukan tapi, berpengaruh besar dan luas terhadap keberhasilan menuju ZI seperti media gambar kartun, tulisan sederhana, lucu tapi memberi pesan dan kesan mendalam sehingga mampu merubah perilaku,"  tambahnya.

Ditambahkan juga, keberhasilan ZI tidak semata ditentukan pejabat tertinggi, tapi juga karyawan seperti Satpam, CS bisa berperan dan berpengaruh signifikan  menentukan terwujudnya ZI. Program sederhana misalnya, memberikan waktu tertentu kepada semua karyawan untuk berbicara terkait kebijakan yang dijalankan di lembaga menjadi bagian dari solusi menghilangkan ganjalan, sumbatan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin.

Jika keterbukaan komunikasi terjadi antar pemimpin dan yang dipimpin maka, keterbukaan dalam pelayanan kepada masyarakat, juga akan mudah diwujudkan. Begitupun peran Humas sebagai corong, penghubung kepentingan antara  lembaga dan masyarakat menjadi penting dan strategis untuk menciptakan keterbukaan. 

"Peran kehumasan tidak semata hanya diperankan oleh bagian humas namun, juga seluruh karyawan yang ada," jelas Tika.

Selain diskusi strategi yang bersifat soft, juga Tim melakukan pengecekan  secara fisik areal gedung dan halaman sambil diskusi dan memberi masukan apa yang harus dilakukan terhada areal gedung, termasuk lorong-lorong, sekat antar ruangan untuk bisa dimamfaatkan, fungsikan menunjang kinerja menjadi lebih baik.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01