Reportase7.com


Geliat perkembangan industri teknologi tanah air kian terlihat, tak terkecuali Internet of Things.  
Peran IoT dalam peningkatan efektifitas dan efisiensi pekerjaan, mulai banyak dilirik oleh  industri-industri di tanah air. Hal ini memicu meningkatnya kebutuhan tenaga-tenaga ahli di  bidang Internet of Things (IoT).

Melalui program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kementerian  Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mempercayai Indobot  Academy sebagai salah satu mitra Studi Independen Bersertifikat (SIB) untuk membantu  mencetak tenaga-tenaga ahli muda di bidang Internet of Things.

MSIB merupakan salah satu  program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan  kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia  masa depan.


Program Studi Independen Bersertifikat dari Indobot Academy ini mengangkat tema Internet  of Things (IoT) Engineer Camp yang diperuntukkan bagi 325 mahasiswa semester 5 dan 7  Gasal 2022 - 2023 yang berhasil lolos pendaftaran/seleksi dan ingin memperlengkapi dirinya  dengan menguasai kompetensi spesifik/praktis yang juga dicari oleh dunia usaha dunia  industri di bidang IoT. Mahasiswa bisa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di  luar kelas perkuliahan, namun tetap diakui sebagai bagian dari perkuliahan.

Dalam  pelaksanaannya, selain mendapatkan materi dan bimbingan bersama para mentor dari  Indobot Academy, para mahasiswa juga akan mendapatkan kit perangkat pembelajaran IoT  yang akan dikirimkan ke alamat masing-masing. Kit ini yang nantinya akan digunakan para  mahasiswa untuk praktik dan menciptakan inovasi teknologi Internet of Things yang aplikatif.

Syarat Umum untuk dapat mengikuti program Studi Independen Bersertifikat yaitu;
1. Mahasiswa semua jurusan di jenjang D3, D4, dan S1.
2. Berasal dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar pada Pangkalan Data  Pendidikan Tinggi (PDDikti).
3. Mendapat persetujuan dari perguruan tinggi masing-masing.
Adapun berkas-berkas yang diperlukan dalam mendaftar Magang dan Studi Independen.

Bersertifikat Kampus Merdeka antara lain;
1. Surat rekomendasi PT dengan pengesahan Ketua Jurusan format MSIB
2. Surat Rekomendasi Rekognisi 20 SKS Prodi, dan
3. SPTJM dengan pengesahan pimpinan PT.

Dalam sambutannya, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa Magang  
dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) bukan program magang atau studi independen  biasa.


Mitra Industri yang menjadi rekanan untuk MSIB adalah perusahaan dan organisasi  kelas dunia yang sudah terjamin kredibilitasnya, sehingga mahasiswa mendapatkan  bimbingan dari para ahli berpengalaman.

Oleh sebab itu, yok para mahasiswa, saatnya kita ambil kesempatan emas ini untuk  memperdalam IoT dan meramaikan ekosistem IoT di Indonesia dengan SDM-SDM unggul di  masa depan.

Pendaftaran program Studi Independen Bersertifikat Internet of Things (IoT)  Engineer Camp dari Indobot Academy akan ditutup pada hari Minggu tanggal 17 Juli 2022.  

Masih ada kesempatan dan daftarkan dirimu sekarang juga melalui link berikut!
Daftar : https://datalisa.id/MSIBindobot.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01