Lombok Tengah - Reportase7.com


Pemdes Aik Darek sukses menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Kecamatan Batukliang. Agenda tahunan ini digelar selama empat hari, mulai 13-16 Juli 2022 lalu.

Kepala Desa Aik Darek, Abdurrasyid mengatakan, masyarakat Kecamatan Batukliang, khususnya Desa Aik Darek sangat antusias dalam menyukseskan STQ kali ini. Hal ini dibuktikan melubernya masyarakat yang ikut serta dalam pelaksanaannya.

"Pawai taaruf saja diikuti 2 ribu orang lebih. Belum lagi masyarakat selalu memenuhi semua tempat perlombaan STQ," ujarnya.

Untuk tempat pelaksanaan lomba sendiri kata Kades, dibagi tiga tempat. Dimana lokasi utama berada di halaman Kantor Desa Aik Darek. Kemudian lokasi kedua di Masjid Nurul Huda Dusun Kembang Kerang dan lokasi ketiga di Masjid Nurul Yaqin Dusun Kembang Kerang.

Sedangkan untuk jumlah peserta, awalnya diperkirakan sebanyak 200 orang dari perwakilan 10 desa di Kecamatan Batukliang. Namun yang mengikuti lomba, sebanyak 170, lantaran beberapa peserta diantaranya mengalami halangan.

Adapun cabang yang dilombakan ada empat kategori. Yakni Tilawatil Quran yang terdiri dari dua golongan anak-anak maksimal 14 tahun dan dewasa maksimal berusia 40 tahun. Kemudian cabang kedua yakni Tahfizul Quran yang terdiri dari 1 Juz, 5 Juz, 10 Juz, 20 Juz dan 30 Juz beserta tilawah. Cabang ketiga yakni Tahfiz Hadits, 100 Hadits dengan sanad dan kelas 500 Hadits tanpa sanad. Dan cabang lomba keempat yakni Tafsir Quran tingkat dewasa.


"Alhamdulillah kita Desa Aik Darek berhasil menjadi juara umum. Para juara mendapatkan uang pembinaan yang cukup besar dan mereka berhak mengikuti STQ Tingkat Kabupaten beberapa waktu mendatang," kata mantan Perwira TNI-AD itu.

Abdurrasyid juga berharap, semoga semua kafilah asal Kecamatan Batukliang, khususnya Desa Aik Darek bisa bersaing dengan kafilah dari Kecamatan lainnya di Kabupaten Lombok Tengah.

"Dengan pelaksanaan STQ ini, semoga anak-anak kita terus memakmurkan dan membuktikan Al-Quran di masa yang akan datang," harap kepala Desa murah senyum itu.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01