Sumbawa - Reportase7.com


Maraknya Pungli di Pasar Baru Utan, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa NTB, membuat sejumlah warga dan pelaku pedagang di pasar Baru Utan merasa geram. Bukan hanya para pedagang, para juru parkir pun ikut bersuara terkait ketidak nyamanan di lingkungan pasar Baru Utan yang syarat praktek pungli.

Sejumlah warga yang tergabung dalam Komunitas Pedagang Pasar Baru Utan beserta Juru Parkir Pasar Baru, melakukan Hearing Di Aula Kantor Bupati Sumbawa Lantai 3 hari Senin, 29 Agustus 2022. Komunitas Pedagang Pasar tersebut diketuai oleh Nurhasanah, serta Juru Parkir diketua oleh Mulyadi beserta Anggotanya. (30/08/2022)

Pada Kesempatan tersebut, Komunitas Pedagang Pasar Baru ditemui oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviyanti, S. Pd., M. Pd, didampingi oleh Assisten III Ir. Dirmawan, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Ricky Trisnandi, Kepala Dinas Perhubungan Drs. Abdul Azis., M. Si dan Kasat Pol PP.

Sementara dari Pihak Kecamatan Utan hadir pula Camat Utan Syahruddin, S. Sos, Kapolsek Utan Iptu M. Yusup,  Danramil Utan diwakili oleh Babinsa Desa Motong Agus Salim dan Sekcam Utan Syafruddin, S. Pt.

Pada acara Hearing tersebut, komunitas Pedagang Pasar Baru menuntut agar adanya sikap tegas dari Pihak Pemerintah Daerah terhadap adanya pasar Bayangan serta pungli pada lokasi Pasar Lama yang mengakibatkan terjadinya kerugian pada Pedagang Pasar baru dan Juru Parkir.

Di tempat yang berbeda masih pada persoalan yang sama, Media Reportase7 mengkonfirmasi Kepala Desa Motong A. Wahab, A. Md, bertempat diruang kerjanya,
Menjelaskan bahwa, yang pertama sebagai Kepala Desa masti berpikir tentang kepentingan warga masyarakatnya. Kedua, sebagai Pemerintah Desa Jelas mengikuti aturan dan Undang-undang yang berlaku.


A. Wahab berharap selaku kepala Desa marilah kita bersama-sama mengayomi masyarakat khususnya Komunitas Pedagang Pasar Baru agar tidak ada pihak yang diuntungkan dan dirugikan harapnya.

Sementara itu Camat Utan  Syahruddin, S. Sos, saat dikonfirmasi melalui Via telpon pada hari Selasa Siang, mengatakan bahwa, sangat berterima kasih Kepada pihak Pemerintah Daerah terutama Kepada Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviyanti, S. Pd., M. Pd, yang telah berhasil memfasilitasi dan Komunikasi kepada seluruh Komunitas Pedagang Pasar Baru dan Juru Parkir yang berjumlah 70 Orang.

"Terima kasih kepada Wabup Sumbawa yang telah memberikan ruang dan memfasilitasi dan warga terutama Komunitas Pedagang Pasar Baru dan juru parkir sehingga keadaan menjadi terkendali," ungkap Camat Utan.
 
Wakil Bupati Sumbawa mengatakan akan mengambil Sikap tegas terhadap pungli dan Oknum yang memfasilitasi dan membackup Pasar bayangan dan Parkir liar di Kecamatan Utan tegasnya.

"Segala bentuk pungli akan kita tindak tegas dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku," tandas Wabup Sumbawa.

Mendengar penjelasan Wabup Sumbawa, para peserta haering sangat merasa puas dan berterima kasih kepada Pemda Sumbawa dan stakeholder yang sudah menyempatkan diri hadir dalam haering tersebut.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01