Sumbawa - Reportase7.com


Itensitas hujan yang cukup deras membuat sejumlah wilayah di Kecamatan Lunyuk, Kabupaten Sumbawa dilanda banjir, salah satu dusun yang terdampak banjir yakni dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Lunyuk. (09/10/2022)

Sekitar 250 rumah terendam akibat banjir bandang yang menerjang dusun Sukamaju, sejumlah barang-barang milik warga tidak bisa di selamatkan, di karenakan hujan terus mengguyur.

Banjir bandang yang disertai hujan deras hingga 8 jam nonstop membuat masyarakat panik hingga mencari tempat untuk menyelamatkan diri. Rumah warga yang di terendam hingga mencapai 2 meter.

Kepala Desa Sukamaju Wayan Teguh, SH, menjelaskan kepada media Reportase7 keadaan warga dusun Sukamaju yang kini masih di evakuasi dengan dibantu oleh personil Polsek Lunyuk dan personil dari Koramil (Bhabinsa).


Dijelaskan Teguh, ada beberapa lokasi di Kecamatan Lunyuk yang mengalami hal yang sama seperti dusun Sukamaju, yakni dusun Perung dan dusun Kalbir Desa Emang Lestari.

"Warga kami yang terdampak banjir saat ini mengungsi di dusun Sukanadi," ungkap Kades saat di hubungi via telfon.

Sejauh ini belum ada bantuan dari pemerintah baik BPBD Kabupaten Sumbawa maupun dari BPBD Provinsi, warga bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa secara sukarela membantu warga yang terdampak banjir.

"Warga kami dengan sukarela membantu warga yang terdampak untuk menyelamatkan barang-barang yang ada di rumah warga, dan  diperbantukan dari anggota Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa," pungkas Kades Sukamaju.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01