Sumbawa - Reportase7.com


Sejumlah pengurus Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Sumbawa masa bakti 2019 - 2024 di Kukuhkan, PWRI merupakan organisasi para pensiunan Pegawai  Negeri Sipil seluruh Indonesia yang berdiri sejak tahun 1962 di Yogyakarta.

Bertempat di Hotel Cirebon Sumbawa acara tersebut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Sumberdaya Aparatur dan Kemasyarakatan, Drs. Zainal Abidin, Ketua PWRI Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili oleh  Sekretaris PWRI, Ketua PWRI Kabupaten Sumbawa, serta anggota yang dikukuhkan. (11/10/2022)

Dalam sambutan tertulis Bupati Sumbawa yang dibacakan oleh staf ahli Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan menyampaikan, sebagaimana kita ketahui bersama, PWRI adalah organisasi kemasyarakatan tempat berhimpunnya para pensiunan Pegawai Negeri Sipil seluruh Indonesia yang berasaskan Pancasila bersifat Nasional, Mandiri, Demokrasi, menjunjung tinggi hak asasi manusia serta tetap menjaga menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan masyarakat di bawah naungan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Keberadaan PWRI di tengah masyarakat sangat besar manfaatnya terutama sebagai media bagi para pensiunan untuk kembali membina persatuan dan kesatuan serta kekompakan yang tergabung dalam PWRI guna melanjutkan Dharma baktinya kepada masyarakat bangsa dan negara keikutsertaan PWRI atau pensiunan dalam berbagai kegiatan pembangunan tidak dimaksudkan bahwa para pensiunan itu masih mau menduduki jabatan tetapi dengan pengalaman mengabdi puluhan tahun di harapankan dapat ikut mendorong suksesnya program-program pembangunan.

Sebagai organisasi kemasyarakatan tempat berimpunya para pensiunan Pegawai Negeri Sipil seluruh Indonesia diharapkan tetap memberikan sumbangsih bagi kemajuan daerah tentu dengan pengalaman pengetahuan dan kecakapan yang dimiliki, dapat menjadi modal untuk terus menebarkan kebaikan bukan saja untuk dirinya tapi juga masyarakat paling tidak menjadi teladan bagi generasi muda di lingkungannya.


Hal ini menunjukkan bahwa walaupun seluruh pengurus dan anggotanya sudah dapat kategori lanjut usia namun potensi SDM yang dimiliki anggota PWRI masih dapat memberikan kontribusi sehingga masih mampu merumuskan ide-ide kreatif dan inovatif dalam upaya memacu kembali semangat untuk meningkatkan kinerja seluruh jajaran PWRI baik untuk kepentingan peningkatan kesejahteraan anggota dan organisasi, maupun dalam membantu pemerintah dalam upaya mempercepat peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat khususnya masyarakat pedesaan.

Oleh karena itu, pengukuhan pengurus yang telah dilaksanakan hari ini hendaknya dapat dijadikan sebagai suatu momentum untuk koreksi dan evaluasi tentang perkembangan aktivitas organisasi itu sendiri terutama menyangkut program kegiatan baik yang sudah dilaksanakan yang sedang dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan.

"Hal tersebut akan dapat dijadikan sumber pemikiran dalam menyusun program kegiatan tahun berikutnya sehingga setiap tahun organisasi PWRI kabupaten Sumbawa akan tumbuh semakin dewasa, sehingga mampu menjawab segala tantangan dan tuntutan pembangunan," tutupnya.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01