Sumbawa - Reportase7.com


Bendungan Beringin Sila merupakan salah satu proyek Bendungan megah yang ada di Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Bendungan ini merupakan salah satu proyek strategis nasional dengan merogoh kocek dari kantong APBN triliunan Rupiah.

Beberapa media mendatangi lokasi proyek pembangunan Bendungan Beringin Sila yang di kerjakan oleh PT Abipraya guna bersilaturahmi dan mendengar sejauh mana progres yang telah berjalan selama ini.

Ditemui di kantornya, Humas PT Brantas Abipraya, Sudarto menerima sejumlah media yang datang untuk bersilaturahmi dan berdiskusi terkait reboisasi hutan yang terk na dampak dari eksplorasi material galian C untuk kebutuhan Bendungan Beringin Sila.

Bertempat di aula rapat umum PT. Berantas Abipraya, Sudarto di dampingi oleh Danton Brimob  sumbawa Bripka M. Sopiyanto, memaparkan bahwa pesan dari Menteri PUPR RI Dr. Ir. H. Mochamad Basoeki Hadimoelyono, M. Sc., Ph.D. saat KUNKER di Bendungan Beringin Sila Sumbawa NTB pada 14 Oktober 2022 lalu.

"Pihak perusahaan berkewajiban mengembalikan funsi hutan seperti sedia kala," unkap Sudarto mengutip pesan Menteri PUPR saat berkunjung ke Bendungan Beringin Sila.

Menyikapi pesan tersebut, Sudarto mengatakan kepada awak media kalo pesan tersebut telah dilaksanakan atau dilakukan sejak awal bulan Oktober hingga saat ini masih sedang berlangsung dan belum berakhir.

"Kami sudah mulai melakukan apa yang menjadi arahan menteri PUPR yakni menanam kembali pohon di lokasi pengambilan material galian C," jelasnya.

Adapun jenis tanaman yang sudah disiapkan yakni jenis tanaman rumput  menjalar, salah satunya jenis tanaman rumput dollar dan jenis pohon kayu keras sejenis mangga, kelegkeng dan jenis lainya.


Dijelaskan Darto panggilan akrabnya bahwa, Bendungan ini akan diresmikan oleh Bapak Presiden RI  Ir. Joko Widodo pada 22 Desember 2022 mendatang. Dirinya mewaklili seluruh jajaran dan manajemen Perusahaan PT. Berantas berharap agar proyek ini selesai dilaksanakan sebagaimana yang direncakan dengan baik.

"Insya Allah proyek ini selsai sesuai rencana dan segera dapat di manfaatkan oleh masyarakat di Kabupaten Sumbawa pada umumnya," pungkasnya.

Rencana reboisasi di kawasan Bendungan Beringin Sila, Humas PT. Brantas menunjukkan beberapa jenis tanaman atau pohon yang akan ditanam di sekitar gunung kawasan area Bendungan.

Ditempat yang berbeda ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq saat  dikorfirmasi media (Reportase7.com) mengungkapkan bahwa, proyek pembangunan Bendungan Beringin Sila tersebut merupakan  pembangunan Proyek yang sangat Prestisius dan multi player di Kabupaten Sumbawa untuk itu perlu kita jaga, kontrol bersama-sama.

"Bendungan Beringin Sila ini merupakan proyek yang sangat prestisius dan akan menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Sumbawa, mari kita jaga bersama," jelasnya singkat.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01