Lombok Barat - Reportase7.com

Salah satu Posyandu Keluarga di Lombok Barat yakni Posyandu Permata Hati Dusun Mambalan, Desa Mambalan Wilker Puskesmas Penimbung Kecamatan Gunungsari, pada hari kamis (01/12) kedatangan tamu dari Australia Awards Indonesia.


Bersama Kedutaan Australia-Jakarta didampingi oleh perwakilan Kemensetneg dan Kemendagri RI untuk meninjai proses pelaksanaan Posyandu Keluarga yang sedang dikembangkan di Lombok Barat NTB.

Kunjungan ini dalam rangka monitoring pelaksanaan posyandu keluarga pasca kegiatan penguatan posyandu keluarga yang di support melalui program STRONGER, seperti Pelatihan Kader yang telah dilaksanakan tanggal 25-26 Juli 2022 lalu, serta pemberiaan sarpras Posyandu. (02/12/2022)

Sebelum meninjau kegiatan posyandu, rombongan tamu pusat tersebut melakukan sharing dan diskusi seputar pelaksanan kegiatan penguatan posyandu tersebut yang dilaksanakan STRONGER tersebut.


Kepala Puskesmas Penimbung NS. Ahmad Juaini, S. Kep, menyampaikan terimakasih atas support yang telah diberikan oleh STRONGER yang difasilitasi oleh Nabilla Sophiarany, S.K.M., M. PH, dan kawan-kawan alumni mahasiswa Australia.

"Selanjutnya Ahmad Juaini berharap ada program berkelanjutan dari berbagai pihak dalam membina dan menguatkan pelaksaan posyandu di wilayahnya," ungkapnya.


Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh H. Mohammad Abdullah, S.K.M., M. QIH, selaku Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Lombok Barat bersama Tim Promkes Dikes.

Kabid Kesmas menyampaikan bahwa pengembangan posyandu keluarga ini dilakukan di semua posyandu yang ada sebanyak 950 pos di lobar, yang menurutnya masih perlu sentuhan dan polesan agar menjadi posyandu keluarga yang sempurna.

"Sehingga berbagai pihak diharapkan dapat ikut membina pelaksanaannya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di daerah ini," tutupnya.

Usai berdiskusi rombongan tamu meninjau langsung pelaksanaan posyandu keluarga yang sudah terintegrasi dengan PAUD di wilayah Desa Mambalan tersebut.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01