Sumbawa - Reportase7.com


Bupati Sumbawa bersama beberapa OPD meninjau langsung kondisi Pasar Baru Utan, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. Hal ini untuk memastikan Pasar yang baru di bangun aman untuk para pedagang dan para pengunjung yang akan berbelanja. Bupati Sumbawa juga berkesempatan meinjau lokasi Bendungan Beringin Sila yang telah selsai di bangun oleh PT BRANTAS ABIPRAYA dan rencananya akan di resmikan oleh Presiden Jokowi. (26/12/2022)


Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan beserta Camat Utan meninjau Pasar Utan pasca operasi penertiban yang dilakukan Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sumbawa selama tiga hari mulai dari tanggal 19 sampai dengan 21 Desember 2022.

Peninjauan ini dilakukan Bupati untuk memastikan para pedagang eks Pasar Utan telah menempati lokasi Pasar Baru dengan tertib.

Setelah memantau Pasar Utan, Bupati beserta rombongan melanjutkan perjalanan untuk meninjau Bendungan Beingin Sila, yang direncanakan akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada hari Rabu tanggal 28 Desember 2022.

Bupati ingin memastikan segala persiapan dalam rangka peresmian bendungan terbesar di Kabupaten Sumbawa ini telah dilaksanakan dengan baik tanpa kendala berarti.

Pembangunan Bendungan Beringin Sila ini sendiri telah dilakukan sejak bulan Januari tahun 2019 lalu dengan anggaran sekitar 1,7 trilyun rupiah. Dengan selesainya pembangunan Bendungan Beringin Sila ini diharapkan mampu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku khususnya di wilayah barat Kabupaten Sumbawa.

"Para petani yang sebelumnya hanya bisa melakukan satu kali tanam dalam setahun, dengan adanya suplai air yang kontinu dari Bendungan Beringin Sila, diharapkan bisa melakukan 2-3 kali tanam dalam setahun," ujar Bupati.


Selain itu, kehadiran Bendungan Beringin Sila juga dapat memberikan manfaat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) sebesar 1,4 MW, reduksi banjir sebesar 90,37 m3/detik, serta potensi sebagai tempat pariwisata, perikanan tangkap, dan tempat konservasi.

Pewarta: Suprianto
Editor: R7 - 01