Lombok Timur - Reportase7.com


Fatayat NU Lombok Timur melaunching program Lingkar Ngaji Genre yang bertujuan untuk mengajak para remaja  mengembangkan sumber pengaatahuannya tentang Islam, kegiatan ini sangat penting dalam membentuk karakter para pemuda serta menjadikan manusia yang berahklaqul Karimah.


Dalam acara launching tersebut dihadiri sekita 80 peserta dari kalangan remaja setingkat SMP dan SMA yang di bina oleh Fatayat NU Lombok Timur. (04/12/2022)

Ketua Fatayat NU Lombok Timur yang merupakan pencetus Ngaji Genre TGH. Marwan Hakim mengajak para pemuda untuk dapat berkontribusi dalam mengembangkan pengetahuan tentang Islam, serta menggaungkan Al-Qur'an dalam kehidupan bermasyarakat.

Dijelaskan TGH. Marwan Hakim tentang latar belakang di adakannya Lingkar Ngaji Genre Fatayat NU Lombok Timur ini, berangkat dari permasalahan isu kependudukan di Lombok Timur, seperti beberapa kasus yang kerap terjadi di tengah masyarakat.

"Lingkar Ngaji Genre ini merupakan cara baru untuk mensosialisasikan pengatahuan tentang agama serta Al-Qur'an, meminimalisir kenakalan remaja dengan mengisi kegiatan dengan mengaji," ungkap TGH. Marwan Hakim.

Adapun kasus yang sering terjadi di tengah-tengah masyarakat yakni, kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) bahkan masuk 10 besar nasional, pelecehan seksual, perdagangan anak, seorang kakek yang ingin ingin menikahi bocah SD,  nikah dibawah umur mencapai 30 persen berakhir dengan oerceraian. Banyaknya kasus semacam ini tentunya para remaja yang masih berusia 10-24 tahun perlu diadakan pendampingan agar dapat meminimalisir serta mengantisipasi be eraoa permasalah yang kerap terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Dari kegelisahan tersebut Fatayat harus mengambil bagian serta mampu berkontribusi sebagai sumber pengetahuan tentang Islam, terutama bagi perempuan, anak dan remaja. Salah satunya adalah dengan "Lingkar Ngaji Generasi Berencana".



"Genre sebenarnya program yang dikembangkan oleh BKKBN yang sasarannya adalah remaja yang berusia 10-24 tahun tapi belum menikah," jelasnya.

Pelajar atau mahasiswa yang belum menikah. Sehingga Fatayat melaunching program Lingkar Ngaji Genre supaya program selaras dengan pemerintah dan diformulasikan dengan pandangan Islam tentang Genre.

Tujuannya adalah untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi para remaja dalam hal;
1. Jenjang pendidikan yg terencana
2. Berkarir dalam pekerjaan yang terencana
3. Menikah dengan penuh perencanaan sesuai dengan situs kesehatan reproduksi.

harapan Fatayat NU Lotim harus menjangkau seluruh remaja tingkat SMP, SMA khususnya pondok pesantren atau lembaga di bawah naungan NU serta Mahasiswa. Untuk itu perlu kolaborasi dari semua pihak. Baik pemerintah, masyarakat lembaga pendidikan dan para akademisi.

Sehingga dalam kegiatan ini Fatayat berkolaborasi dengan RMI, kampus STIT NU, IPP NU dan media Mayung.id.

Dalam launching tersebut sekaligus penandatanganan MoU Fatayat dengan kampus STIT NU Al-Mahsuni dalam hal penguatan Tridharma Perguruan Tinggi.

"Salahsatunya pengabdian untuk program Lingkar Ngaji Genre," pungkasnya.

Pewarta: Asmawati
Editor: R7 - 01