Mataram - Reportase7.com


MAN 2 Mataram kembali menggelar kegiatan akhir semester. Kegiatan  Gelaran Manda Akhir Semester (GEMAS) merupakan gelaran yang dilakukan anggota-anggota Orsima Man 2 Mataram setelah dua minggu mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT).


GEMAS diadakan setelah para siswa mengikuti Ujian Semester dari pihak Sekolah. Berbagai macam lomba yang diadakan dalam Gemas ini.

Bertempat di lapangan tengah MAN 2 Mataram, kegiatan ini dimulai dengan menyelenggarakan empat macam lomba, yakni Futsal, Mini Game, E-Sport, dan Gebyar Seni.

Mahfuzan Indrakusuma selaku Pembina Orsima membuka kegiatan Gemas ini, Selasa (13/12/2022).

"Ada berbagai pertandingan yang akan dilaksanakan dalam kegiatan gemas ini, contohnya saja futsal yang akan diambil nilainya dari iyel-iyel dan goal masuknya bola," papar Indra panggilan akrabnya.

Hari ini kegiatan gemas dibuka dengan penampilan band The PMS dari Manda. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan gebyar seni, e-sport yang di laksanakan di ruang aula lantai 2 MAN 2 Mataram.

"Jaga sportivitas, kebugaran dan kesegaran, selamat bertanding," ujarnya.

Gemas ini berlangsung dari tanggal 10 sampai tanggal 16 Desember 2022. Adapun futsal rencananya akan diselenggarakan pada tanggal 12-15 Desember, Mini game mulai dilaksanakan 13 Desember, e-sport mulai dilaksanakan pada tanggal 11-13 Desember dan Gebyar Seni Manda akan diselenggarakan tanggal 13-14 Desember 2022.


Hadiah yang disediakan panitia berupa fresh money (uang tunai) jutaan rupiah, sertifikat dan piala.

Hampir setiap cabang lomba memiliki banyak peserta, terutama e-Sport. Jenis olahraga ini mewakili kaum milenial dan sedang menjadi trend di seluruh dunia. Olahraga ini juga bisa memberikan pengaruh positif bagi otak untuk berpikir cepat dan mampu membuat keputusan dalam waktu yang relatif singkat.


Alasan lain e-sport ini dilombakan adalah agar orang tua tidak selalu menganggap bermain game itu kegiatan yang tidak bermanfaat dan hanya menghambur-hamburkan waktu, tenaga dan kuota.

E-sport merupakan olahraga berpikir tingkat tinggi yang membutuhkan kecermatan, kecepatan dan ketepatan berpikir dalam waktu yang relatif singkat. Olahraga ini sudah diresmikan pemerintah sebagai salah satu olahraga yang layak untuk dilombakan.

GEMAS disambut dengan antusias oleh segenap siswa siswi madrasah. Hal ini terlihat dengan banyaknya para supporter yang memenuhi lapangan tengah. Rencananya akan ditutup pada tanggal 17 Desember dan pengumuman pemenang akan dilaksanakan bersamaan dengan pembagian raport mendatang.

"Selamat bertanding kepada semua tim, jaga sportivitas, vitalitas dan semangat. Selamat menyambut libur panjang," tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01