Mataram - Reportase7.com


SMK 3 Mataram (SMEKTI) menggelar pameran expo yang dirangkaikan Hari Ulang Tahun Provinsi NTB ke 64 sebagai salah satu program untuk mempromosikan produk unggulan sekolah. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal, 8 - 10 Desember 2022 di Lombok Epicentrum Mall, Kamis (08/12/2022).


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, membuka kegiatan ini dengan menyampaikan bahwa kegiatan expo 2022 ini adalah sebagai wujud kami ingin menunjukkan.

"Strategi belajar yang sudah kami kembangkan dengan Product planning atau BL sejak 3 tahun yang lalu agar menjadi upaya kami dalam mendukung industrialisasi dan mewujudkan visi misi Nusa Tenggara Barat," ungkap Dr. Aidy Furqan.

Sebuah langkah berani dilakukan, sehingga anak-anak SMK NTB bisa bersaing dengan sekolah-sekolah lain,  juga bisa menunjukkan hasil seperti yang pak gubernur saksikan beberapa tahun terakhir ini. Termasuk hari ini adalah expo yang dilaksanakan di tahun 3.

"Wujud dari kerja sama kita dengan dunia industri melalui strategi Teaching factory yang sudah pak gubernur presentasikan di Jakarta, izin kami laporkan yang mengikuti expo 2022 sebanyak 81 SMK Negeri dan ada 5 SMP swasta," ujarnya.

Dalam pameran expo ini kita akan menampilkan 53 produk. Di antaranya  adalah olahan makanan permen permesinan komputer, batik busana, media tanam, kecantikan, elektronika, brosur-brosur travel, kerajinan, jasa souvenir, dan olahan makanan ikan.

Akhir dari laporan Dr. Aidy Furqan, yaitu menyampaikan selain pelaksanaan expo, juga akan dilaksanakan penandatanganan mou dengan NTB Mall sebagai wujud hasil produk-produk yang nanti akan dipasarkan melalui NTB Mall.


Gubernur NTB Bang Zull menambahkan bahwa saat ini Nusa Tenggara Barat telah memiliki banyak potensi di bidang industri.

Seperti halnya, menyaksikan SMK kita berlomba-lomba menunjukkan, menghadirkan inovasi-inovasi baru. Kita bukan hanya bisa merias pengantin sekarang.

"Kita bukan hanya menemukan sayur, tapi sudah bikin berbagai mesin yang luar biasa untuk kebangkitan industrialisasi kita sekarang," ujar Bang Zul.


Diakhir sambutan Bang Zull memberikan tantangan kepada Kadis Perindustrian dan Kadis Dikbud Prov. NTB bahwa yang menempuh pendidikan disini bukan hanya dari orang NTB saja, tetapi orang Jawa Timur, orang Jawa Barat, dan orang Sumatera Utara juga ikut datang ke Provinsi NTB ini.

"Semua lulusan SMK kita mudah-mudahan muridnya punya perusahaan masing-masing. Kalau ini bisa terjadi, maka ada gelombang perubahan yang luar biasa di tengah masyarakat kita, karena bukan hanya seribu atau dua ribu tetapi, puluhan ribu yang akan kita hasilkan tiap tahun," tutup Bang Zull.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01