Lombok Utara - Reportase7.com


Dalam menyambut HUT NTB ke 64 Kabupaten Lombok Utara menggelar Parade Budaya. Parade budaya yang menampilkan berbagai pakaian tradisional, di Lapangan Supersemar Tanjung Kabupaten Lombok Utara Minggu (11/12/2022).


Pemerintah Provinsi bersama seluruh Pemda Kabupaten/Kota se-NTB terus berkomitmen melestarikan tradisi dan juga budaya. Salah satunya yakni melalui Parade Gelar Budaya.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj Sitti Rohmi Djalilah yang membuka kegiatan itu menyampaikan bahwa, budaya menjadi ciri khas dan juga bekal untuk membangun daerah.

"Mengenal tradisi-tradisi baiknya sebagai bekal kita untuk membangun NTB dan sebagai ciri kita yang berbeda dengan tempat-tempat lain. Sehingga, kita memiliki suatu kelebihan yang Insya Allah semuanya itu menjadi kebanggaan kita bersama," ucapnya.

Umi Rohmi panggilan akrabnya ini kemudian berharap generasi muda di NTB dapat mencintai budaya serta terus menjaga tradisi-tradisi baik serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Paling penting adalah bagaimana budaya itu mengakar, bagaimana tradisi-tradisi baik itu mengakar, itu yang terpenting hidup di antara kita semua dan terus-menerus kita wariskan dari waktu ke waktu.


Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB, Dr. H. Aidy Furqon menyampaikan bahwa pada Penganugerahan Kebudayaan Tahun 2022, NTB berhasil mendapatkan skor di urutan ketiga Nasional.

"Atas kerja keras kita tiga tahun masuk tahun keempat sekarang, evaluasi indeks kemajuan kebudayaan kita dari urutan 5 nasional tahun 2018-2019, Alhamdulillah kami sudah mendapatkan skor sudah menyamai dengan skor dari Jawa Tengah yaitu urutan 3 nasional," ungkapnya.


Gelar budaya tingkat Provinsi Nusa Tenggara barat tahun 2022 sudah terlaksana dengan baik. Mulai dari parade budaya, ekspresi budaya, pameran karya siswa, aktivitas pendukung dari masyarakat lainnya, ungkap Aidy Furqon.

Beliau mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Nusa Tenggara Barat dan seluruh masyarakat Nusa Tenggara Barat, kepada bupati Lombok Utara dan seluruh masyarakat Kabupaten Lombok utara yang telah mendukung suksesnya terselenggara gelar budaya tahun 2022 ini yang tentunya dengan adanya gelar budaya di Kabupaten Lombok Utara.

Harapan beliau setelah terlaksananya Parade Budaya ini adalah agar bisa terus mengembangkan dan memanfaatkan kebudayaan kita di Nusa tenggara barat wabil khusus di Kabupaten Lombok Utara.

Parade Budaya ini diikuti oleh 10 Kabupaten/Kota dan didominasi oleh pelajar ini menampilkan berbagai kekayaan budaya di NTB.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01