Mataram - Reportase7.com


Lombok Sumbawa Tenun Festival (LSTF) 2022 akan kembali diselenggarakan pada tanggal 3 Desember 2022 di Lombok Raya Hotel.

Tahun ini Lombok Sumbawa Tenun Festival mengambil banyak tema diantaranya di antaranya adalah Dekranasda Award 2022, lomba desain fashion tenun khas NTB, program inkubasi fashion, dan pendidikan kecakapan wirausaha tenun.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk keseriusan Dekranasda NTB dalam membina, mendampingi, dan meningatkan kualitas mutu dan produk serta fashion di Nusa Tenggara Barat.

"Penggunaan tenun yang lebih banyak pada berbagai kesempatan, kita tahu bahwa tenun menjadi salah satu produk yang mampu banyak menyerap tenaga kerja dan terutama ibu dan anak perempuan yang juga menjadi penopang ekonomi keluarga dalam tahun ini," jelas Bunda Niken dalam press conference Lombok Sumbawa Tenun, Kamis (01/12/2022).


Lombok Sumbawa Tenun Festival 2022 ini akan menggelar edukasi menenun, dimulai dari pengolahan kapas menjadi benang, menenun, hingga pada pengenalan alat-alat tenun yang mungkin sudah terlupakan atau bahkan belum diketahui oleh masyarakat NTB sendiri.

"Yang pasti kegiatan ini kami harapkan menjadi role model bagi penyelenggaraan kegiatan fashion show di NTB," tutupnya.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah guna memberikan  bekal pengetahuan, keterampilan, sikap dan pola pikir berwirausaha bagi anak usia sekolah tidak sekolah melalui kursus dan pelatihan.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01