Mataram - Reportase7.com


Tepat di hari ulang tahunnya yang ke-64, Provinsi NTB merayakan hari jadinya dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya penampilan drumband/marching band dari berbagai sekolah di Pulau Lombok, di Halaman Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat. (19/12/2022)


Dalam acara tersebut ditampilkan 8 terbaik drum band dari perwakilan sekolah di pulau Lombok. Penampilan drumband dengan tema Gilang Gemilang Parade yang digelar oleh Pengurus Drumband Indonesia daerah Provinsi NTB, ungkap Jamaluddin yang mewakili Gubernur Bang Zull.

"Drumband ini digelar untuk memeriahkan HUT NTB ke 64. Peserta drum band start dari Islamic Center dan Finish di Halaman Kantor Gubernur Bumi Gora," ungkap Jamal.

Pengurus Drum Band Indonesia ( PBI ) daerah Nusa Tenggara Barat ingin memberikan yang terbaik dalam rangka Ulang Tahun Provinsi NTB ke 64 sesuai dengan Jargon NTB yaitu Optimis Dalam Kebersamaan Gemilang.

"Mereka juga ingin mengambil peran dengan menampilkan sesuatu yang bisa diberikan kepada masyarakat. Drumband ini tidak diperlombakan, ini murni penampilan dari SD dan SMP yang ada di pulau Lombok untuk HUT NTB," jelasnya.

Nantinya di Bulan Februari 2023 baru akan dilaksanakan lomba. Karena drumband masuk dalam Porprov 2023. Ada  perwakilan dari 10 Kabupaten/Kota di Provinsi NTB yang akan berlomba pada saat Porprov mendatang.

"Saya berharap nantinya sehari sebelum pelaksanaan WSBK di bulan Maret, akan ada perlombaan drum band tingkat SD, SMP dan SMA di Luar Sirkuit Mandalika, agar semua mengetahui tentang Pertamina Sirkuit Internasional Lombok," tandasnya.

Dijelaskan Jamal, ingin berikan tiket secara gratis kepada peserta drum band untuk pegelaran dihari pertama tetapi, tidak untuk semua keluarga peserta, tiket gratis tersebut hanya akan diberikan untuk anak-anak peserta yang mengikuti drum band saja.

"Disana kita akan lihat jumlah penonton yang bisa mengalahkan penonton di dunia atau melebihi target kita di tahun ini yang sebanyak 51.629 bisa menjadi 100ribu penonton sesuai dengan target yang diberikan Menteri Kemenparekraf Sandiaga Uno," pungkasnya.



Dalam kesempatan yang sama Kasat Pol PP Lombok Barat Baiq Yeni menambahkan kalau drum band Gilang Gemilang Parade ini sudah berjalan selama 3 bulan. Dan bulan ketiga ini memang diniatkan untuk penampilan di HUT NTB agar lebih memasyarakat.

Drum band ini juga menjadi salah satu cabang olah raga yang masuk dalam Porprov 2023 untuk memperebutkan 17 medali. Sebelumnya, drumband ini pernah vakum semenjak pandemi Covid-19 dan saat ini kita mulai aktifkan kembali.

"Saya ingin mengatakan bahwa, sangat setuju dengan apa yang di sampaikan oleh pak gubernur, dalam hal ini bahwa kita harus bisa masuk dalam olahraga nasional karna itu adalah mimpi kami, dan mimpi kita semua," tutup Yeni.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01