Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan saat Misa Natal di Gereja Katolik St. Maria Immaculata Mataram pada Senin (26/12/2022).
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas memberikan sambutan saat Misa Natal di Gereja Katolik St. Maria Immaculata Mataram pada Senin (26/12/2022).

Mataram - Reportase7.com
Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa keragaman agama menjadi salah satu ciri kodrati Bangsa Indonesia.

Penegasan ini disampaikan Menag Yaqut saat menghadiri Misa Natal di Gereja Katolik St. Maria Immaculata Mataram pada Senin Malam 26 Desember 2022.

Menurutnya, negara Indonesia terbentuk dari adanya perbedaan-perbedaan, termasuk perbedaan dalam memeluk agama.

"Ciri kodrati Bangsa ini adalah keragaman. Bangsa ini berdiri karena keragaman termasuk keragaman beragama," ujar Menag Yaqut.

Menag Yaqut mengajak semua warga negara Indonesia untuk memahami keragaman. Jika ciri kodrati ini di pahami oleh seluruh warga Indonesia maka perbedaan berkeyakinan merupakan hal yang lumrah.

Bahkan Menag Yaqut menyakini jika perbedaan ini bisa menjadi salah satu modal Bangsa Indonesia untuk semakin kuat di bandingkan dengan bangsa dari negara lain.

"Jika semua warga Indonesia memahami ciri kodrati Bangsa ini maka perbedaan apapun yang kita miliki itu menjadi biasa saja (dan) justru menjadi modal kekuatan Bangsa ini ke depan," tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menag Yaqut mengucapkan selamat Hari Raya Natal tahun 2022 dan Selamat menyambut Tahun Baru 2023 bagi yang merayakan.

Untuk diketahui bahwa pada Senin Malam 26 Desember 2022, Jemaat Gereja Katolik St. Maria Immaculata Mataram melaksanakan Misa Natal.

Menurut Pastor Gereja Katolik St. Maria Immaculata, Romo Maryono, perayaan Natal tahun 2022 ini  bertema Pulanglah Mereka ke Negerinya Lewat Jalan Lain.

"(Temanya) berjalan menuju ke tempat jalan lain. Jadi jalan yang lebih bagus lebih optimis," ujar Romo Maryono.

Pewarta: Hadi
Editor: R7-02