Lombok Barat - Reportase7.com


Pemda Lobar menyelenggarakan Peringatan Hari Aids Sedunia 2022 dengan melaksanakan Implementasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat).


Aktifitas fisik dengan senam bersama, pemeriksaan kesehatan (sekreening PTM), bazar sembako dari UMKM Kabupaten Lombok Barat, di Bencingah Kantor Bupati Lombok Barat pada Jum'at (02/12/2022).

Hari Aids Sedunia sendiri jatuh tanggal 1 Desember setiap tahunnya ini diperingati sebagai media edukasi kepada masyarakat dalam upaya pencegahan HIV-AIDS.

Tema peringatan Hari Aids Sedunia tahun 2022 ini adalah "Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri Aids".

Peringatan Hari Aids Sedunia Kabupaten Lombok Barat ini dirangkaikan juga dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 58, HUT Dharma Wanita, HUT Korpri dan Hari jadi PU.

Kegiatan ini dihadiri oleh hampir seribu orang peserta dari unsur para pejabat OPD Lingkup Pemda Lobar, Karyawan ASN lingkup Pemda Lobar dan Siswa Sekolah di seputaran wilayah Gerung Lobar.


Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Barat H. Ilham, S. Pd., M. Pd, dalam sambutannya mengingatkan bahwa penyakit HIV/AIds ini adalah penyakit berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga jika terserang Aids itu berarti sudah berbunyi lonceng kematian atau sirine kematian.

"Dengan demikian semua elemen masyarakat harus berkolaborasi dan bersama-sama dalam melakukan pencegahan HIV/Aids ini," ujarnya.


Sementara itu Sekretaris KPA Aids Kabupaten Lombok Barat H.Junaidi sangat berharap dukungan semua OPD dalam berkolaborasi menccegah HIV/Aids ini.

Beliau mengingatkan roadmap pencegahan aids adalah "Three Zero" yakni Zero (nol) Infeksi baru, zero kematian akibat HIV/AIDS dan zero diskriminisasi terhadap penderita HIV/Aids.

Kegiatan ini dihadiri juga Koordinator IPPI (Ikatan Perempuan Positif Indonesia) yang memberikan testimoni tentang dirinya selaku pengidap HIV/Aids selama ini.

Dalam hal ini sekaligus dilakukan penandatangan Komitmen Bersama dalam pencegahan penyakit HIV/Aids.

Kadikes Lobar Arief Suryawirawan, SSi, Apt, MPH dan Ny. Susi Lestari, SE, ikut menandatangi komiten bersama tersebut.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01