Lombok Barat – Reportase7.com
Realisasi pelayanan inseminasi buatan (IB) atau kawin suntik sapi di Provinsi NTB tahun 2022 menunjukkan angka positif.

Dari target tahunan, capaian IB yang telah dilakukan inseminasi oleh BIB NTB sampai per 6 Desember 2022 mencapai 158 Ribu dengan angka kelahiran sebanyak 101 Ribu pedet.

Kepala Balai Inseminasi Buatan (BIB) Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB Muhammad Nur menegaskan bahwa capaian ini telah masuk dalam Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS).
 
“Tahun 2022 kita mendapat target akseptor secara nasional itu 150 Ribu akseptor. Hingga hari ini kita sudah sebanyak 158 Ribu, demikian juga dengan target kelahirannya dari 69 Ribu kita sudah mencapai 101 Ribu, dan sudah melaporkan hasil kelahirannya melalui sistem pelaporan iSIKHNAS,“ kata Muhammad Nur.  
     
Muhammad Nur mengatakan, bahwa pengembangan ternak melalui IB ini mengalami perkembangan positif. Oleh karena itu, BIB NTB berusaha meningkatkan layanan sesuai dengan potensi wilayah dan kemampuan daya dukung lahan.

“Ke depan kita terus mendorong untuk bisa mencapai target yang lebih tinggi lagi di tahun 2023, secara nasional mendapat target 200 ribu ke pelayanan yang tersebar di 10 kabupaten kota se NTB“ tegasnya.

Pewarta: Hadi
Editor: R7-02