Mataram - Reportase7.com


Pada tanggal 8 Desember 2022 Kepala Sekolah SMK 3 Mataram Ruju Ahmad dengan Umayya selaku General Manager Axioo Indonesia menandatangani MoU untuk program kerja sama kelas industri dengan SMK. Acara tersebut berlangsung di Lombok Epicentrum Mall, Kamis (08/12/2022).


Penandatanganan MoU ini dilakukan sekaligus membuka Kegiatan Expo SMK tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Ruju Ahmad saat diwawancarai menjelaskan sebutan lain dari Penandatanganan MoU itu adalah PKS (Perjanjian Kerja Sama).

"PT Maspion IT dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB nanti akan ditindaklanjuti dengan PKS oleh teman-teman SMK. Demikian juga dengan Axio".

MoU PT Axio dengan Kepala Dinas Dikbud akan ditindaklanjuti dengan berbagai macam program. Tentunya mulai dari sinkronisasi magang guru atau magang siswa.

Sampai juga pada pengembangan teaching factory, sertifikasi kompetensi, bahkan hingga sampai keterserapan tamatan itu. Itu konten yang kita kerja samakan dengan PT Maspion dan Axio.

Lalu untuk pemasaran dan promo produk-produk SMK tetap kita fokuskan. Yang paling utamanya yaitu di gerai atau di konten NTB Mall.

Karena itu juga adalah sebuah konten yang nantinya diharapkan dan diwajibkan untuk bisa digunakan oleh semua SMK agar bisa bekerja sama dengan NTB Mall.

"Saya selaku Kepala SMKN 3 Mataram hanya sekedar mewakili teman-teman, kemudian akan dilanjutkan untuk pemasaran produk hasil karya anak-anak SMK ini," ungkapnya.


Saat ini produk kita harus konten lokal yaitu sama dengan kayak kita masukkan di shopee, belibeli.com sama-sama. Jadi, kita memang harus berani memanfaatkan produk kita sendiri.

"Ini karya anak-anak NTB Mall. Nah kalau kita tidak menggaungkan, kita masih tetap puas dengan sophie dengan beli.com atau dengan lapak.com, kapan kita berkembang ini anak kita sendiri," paparnya.


Oleh karena itu, hari ini ada 500 produk yang dipamerkan. Akan terus tetap bertambah selama expo ini berlangsung.

Produk yang dipamerkan mulai dari koor permesinan dan konstruksi atau teknologi kayasa. Dilanjut dengan koor pariwisata. Ada koor Kemaritiman, ada koor pertanian, seni dan industri kreatif.

Kita harus berani menuju NTB Gemilang. Hasil karya yang luar biasa itu harus dipromosikan ke khalayak rame. Seperti di Epicentrum yang menjadi pusat keramaian di Provinsi Nusa Tenggara Barat," tutupnya.

Semoga dengan kerja sama antara dunia Industri dan Vokasi dapat membawa manfaat bagi siswa, guru dan sekolah serta industri Axioo bersama Partner dalam program kelas Industri.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01