Mataram - Reportase7.com


Axioo bersama Maspion IT dan juga SMK Negeri 3 Mataram (SMEKTI) melakukan kegiatan Pelatihan dan Regional Competition Robotic tingkat Kabupaten/Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat.


Pada kesempatan ini SMEKTI mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah dalam acara bergengsi ini,  bertempat di  Lantai 2 Ruang Sidang SMEKTI, Kamis (08/12/2022).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dimana di hari pertama Team Trainer Axioo memberikan edukasi dan pelatihan kepada siswa yang mendapatkan kesempatan menjadi Tutor sebaya.

Acara ini di hadiri oleh 33 siswa SMK dan 11 guru pendamping Kabupaten/Kota Nusa Tenggara Barat.

Ruju Ahmad selaku Kepala Sekolah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang bisa hadir atau mengikuti kegiatan ini dalam rangkaian kegiatan ekspose SMK gemilang karya.

"Pusatnya ada dua yaitu yang pertama ada di SMK 3 Mataram khusus untuk pelatihan robotic, dan yang kedua pusatnya ada di Epicentrum. Di sana ada pameran dan beberapa efek kegiatan," ujarnya.

"Pada pelatihan robotic ini juga saya menambahkan anak-anak SMP madrasah tsanawiyah, karena kebetulan pada saat ini juga sedang ada program pertukaran pelajar di SMK 3 Mataram," lanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama salah satu perwakilan dari Axio Umay menyampaikan merasa bangga karna bisa hadir dalam pembukaan Competition Robotic ini.

"Jika nanti ada yang juara kami dari Axio siap untuk memberi wawasan dan pengetahuan kepada adik-adik disini," ujar Umay.

Semoga dengan adanya acara ini dapat meningkatkan dunia pendidikan di indonesia.

"Axioo Indonesia bersama Class Program bersinergi juga pemerintah Indonesia dalam memajukan dunia pendidikan khususnya Pendidikan Vokasi, Maju Pendidikan Vokasi Indonesia, SMK Bisa. Salam Pendidikan, Salam Vokasi," tutupnya.



Dalam hal ini tidak hanya dari Axio saja yang hadir, tapi juga ada Ir. Okky Tri Hutomo, M. IT selaku Direktur Maspion IT.

Okky panggilan akrab beliau juga ikut menambahkan kalau Maspion IT memiliki komitmen yang sama dengan Axio terhadap edukasi di Indonesia.

Provinsi Nusa Tenggara barat kami disiapkan tim dan luar biasa baik.

"Terima kasih juga untuk teman-teman, program yang luar biasa ini secara khusus mendampingi di Provinsi NTB," ungkapnya

Jadi kita serius, kita berharap Bapak Ibu juga yang hadir di sini. Serius juga dalam mengikuti pelatihan atau seminar ini sebagai wujud kedatangan awal. Saya sudah buktikan hal ini kita nggak pakai banyak-banyak.

"Seminar akan pasti langsung mempraktekkan apa yang ada di industri itu. Bisa dilakukan dengan berbagai program yang kita miliki."

"Bersama axio kita juga membangun Pilot Project Smart Classroom yang kita siapin di Surabaya yaitu konsep kurikulum merdeka di mana siswa 70% belajar di sekolah, 30 persennya belajar di industri, kami jadi kurikulumnya," jelas Okky.

Semua industri tidak ada kurikulum negara, tidak ada kurikulum sekolah,  semuanya kurikulum industri,  instruktur semua industri.

"Ternyata Provinsi Nusa Tenggara Barat ini luar biasa antusiasnya seperti yang ada di Jawa Timur. Tidak menutup kemungkinan kita akan punya program, yaitu Smart Class Room yang nantinya akan ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat," tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01