(Foto: Kadis Dikbud NTB ikut serta mewakili Pemprov NTB dalam acara Barayan Seni di Lombok Timur)


Lombok Timur- Reportase7.com

Sekda Kabupaten Lombok Timur H. M. Juaini Taofik hadir dalam gelaran acara Barayan Seni yang diadakan di Halaman Kantor Bupati Lombok Timur Sabtu (28/01).

Aswan Kailani selaku Dewan Kesenian Kabupaten Lombok Timur mendapatkan tantangan dari Juaini Taofik untuk menggelar acara Barayan Seni di setiap bulannya.

Barayan Seni ini merupakan program pertama yang di laksanakan oleh Dewan Kesenian Lombok Timur Aswan Kailani. (30/01/2023)

"Walaupun belum satu tahun terbentuk akan tetapi sudah memiliki produk," ujar Juaini.

Ia berharap ke depannya kegiatan ini dapat dibuat lebih besar lagi dengan promosi yang juga lebih besar, sehingga cara mengundang masyarakat untuk berkumpul mengikuti Berayan Seni tersebut menjadi lebih ramai.

Komitmen, kolaborasi, perencanaan, dan penganggaran sebagai kunci terlaksananya kegiatan tersebut sangat dibutuhkan, disamping juga dukungan dari masyarakat.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Aidy Furqan juga menyampaikan apresiasi Kepada Dewan Kesenian Kabupaten Lombok Timur yang memunculkan branding baru Berayan Seni.

Menurut beliau kegiatan tersebut sebagai ruang untuk mengejawantahkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan serta aturan pelaksananya dalam Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2021.

Pemerintah Provinsi NTB juga mengeluarkan Perda Nomor 16 Tahun 2021 tentang pemajuan kebudayaan sehingga kebudayaan dapat hidup di setiap Kabupatennya, seperti saat ini di Kabupaten Lombok Timur.

Ia menyampaikan ada sepuluh objek pemajuan budaya yang tertuang dalam aturan tersebut dan untuk mewujudkannya ada empat langkah stategis yang tertuang dalam aturannya mulai dari perlindungan, pembinaan, pemanfaatan, dan pengembangan.

"Berayan Seni ini menjadi salah satu langkah strategis Kabupaten Lombok Timur yang telah tertuang dalam peraturan pemerintah," tutupnya.

Aswan Kailani menambahkan makna di balik Berayan Seni yang artinya sama-sama membawa bidang kesenian masing-masing dan kumpul bersama untuk mengangkat budaya dan potensi kesenian di Kabupaten Lombok Timur.

"Seluruh kesenian itu adalah aset budaya dan pariwisata Kabupaten Lombok Timur," terang Aswan.

Kegiatan tersebut dibuka Sekda dengan mengoreskan kuas simbol line panting. Kegiatan tersebut juga dimeriahkan pagelaran tari tenun, kesenian tongkek, cilokak, teater tubuh, puisi, stand up comedy dan karaoke.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01