Lombok Timur - Reportase7.com


Persatuan Wartawan Duta Pena Indonesia (PWDPI) Nusa Tenggara Barat telah menyelenggarakan Deklarasi untuk pertama kalinya bertempat di Sekretariat Sementara Salah Satu Ruko di PTC Pancor, Lombok Timur, Rabu (11/01/2023).


Deklarasi ini di hadiri oleh puluhan duta wartawan dari berbagai media yang bernaung di dalamnya. Para media mengikuti deklarasi ini berpenampilan ala koboi sesuai dengan style masing-masing wartawan pada umumnya.

Acara ini tentunya di hadiri oleh segenap jajaran pengurus harian, dewas, dewan pembina dan beberapa anggota yang sudah ter SK Kan Pusat.

Adapun di tengah tengah deklarasi yang sifatnya internal dengan wejangan silaturahmi ini dihadiri juga oleh Kepala Dinas KOMINFO Lombok Timur, DR. Faozan

Dalam kesempatan tersebut sang Doktor yang merupakan mantan penulis senior di Lombok Timur, NTB umumnya menyampaikan apresiasi serta kebanggaannya atas kemajuan insan-insan pers yang ada sekarang ini.

Di saat yang bersamaan pula Ia menyarankan agar PWDPI bisa menjadi mitra yang profesional dalam mengawal setiap pemberitaan yang tentunya bisa membawa kemajuan pada kepentingan masyarakat luas serta kemajuan dari wartawan atau jurnalis itu sendiri.

Balen Telok suatu pemberitaan adalah di mana seorang wartawan bisa membedakan yang mana opini dan mana yang fakta. Jangan pernah lari dari kode etik jurnalis sebagai benteng kehati hatian dalam menjalani profesi jurnalis yang sangat rentan dengan hukum dan undang undang.

"Terkait penulisan dan pemberitaan sehingga hasil jemari itu tidak berujung masalah terang," Doktor Faozan.

Pada kesempatan yang sama Bang Deni selaku Ketua DPW NTB PWDPI, mengatakan wartawan harusnya diperhatikan tingkat kesejahteraannya serta dipelihara oleh pemerintah Daerah khususnya Negara tanpa tebang pilih.

Mengingat profesi seorang wartawan pada masa ini sangatlah penting sebagai sosial kontrol serta sebagai sumber penyampain informasi bagi publik atau masyarakat. Tentunya kerja wartawan haruslah mendapat tempat atau kedudukan yang layak serta diperhatikan lebih serius oleh Pemerintah.


"Ia juga menambahkan Organisasi Wartawan sangatlah penting sebagai wadah tempat berkumpulnya wartawan serta melakukan diskusi, sharing, pendapat serta bersama merumuskan agar bagaimana kerja-kerja wartawan selain profesional juga bisa lebih maju dan tersistem dan juga memiliki fasilitas kerja yang memadai," ujar Deni.

Selain acara seremonial deklarasi PWDPI NTB yang di nahkodai oleh Bang Deni yang juga sebagai Kepala Perwakilan Wilayah NTB di salah satu media nasional.

"Ia menyampaikan melalui jurnal ini akan melakukan pengukuhan sekaligus pelantikan Dewan pengurus PWDPI sesuai dengan turunan SK DPP PWDPI nomor: 019.002/S Kep/DPW-NTB/IV/01/23, yang InsyaAllah akan di langsungkan pada tanggal 30 Januari mendatang," tutup Deni.

Rusman Khair, S. Sos, selaku sekretaris jenderal juga berpendapat dengan di Deklarasikan PW-DPI di NTB ini, menjadi semakin menambah dan mempererat tali silaturrahmi dan sillaturrahim antar sesama teman-teman wartawan yg ada di NTB ini khususnya.

"Berharap dapat menambah motivasi kinerja teman-teman wartawan yang ikut bergabung di PW-DPI ini sehingga manfaatnya bs dirasakan oleh halayak luas," tutupnya.

Selamat atas Deklarasi pertama untuk DPW PW-DPI semoga dengan adanya Organisasi ini dapat menambah ikatan tali silaturahmi dan dapat meningkatkan kesejahteraan antar sesama media.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01