(Foto: Agus Hamdani GM Cabang Kayangan)


Mataram - Reportase7.com

PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kayangan bersama dengan Cabang Lembar di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan melakukan penataan dan perbaikan fasilitas pelabuhan.


Agus Hamdani GM Cabang Kayangan menyampaikan mengenai rencana pengembangan pelabuhan kayangan. Dasar dari pengembangan pelabuhan Kayangan Poto Tano ini tentunya kami mengaju kepada RIP bertempat di Kafe Dishub Provinsi NTB, Rabu (18/01).

"Rencana Induk Pelabuhan seperti yang disampaikan Pak Faozal tadi bahwa, di pelabuhan Kayangan Poto Tano belum ada Rencana Induk Pelabuhan sehingga, untuk dikembangkan pun agak kesulitan karena takutnya nanti berbenturan dengan Pemerintah Daerah setempat, khususnya di Kabupaten Lombok Timur dan Sumbawa Barat," ungkap Mas Agus.

"Alhamdulillah dengan telah terpenuhinya rekomendasi dari Bupati Sumbawa Barat dan Lombok Timur serta dari Lingkungan Hidup dalam penyusunan RIP," terangnya.

Untuk tahapan pembangunan sudah ada dan kita akan usahakan di tahun 2023 ini mulai pelaksanaannya. Sebenarnya di tahun 2022 kemarin, tetapi karena masih menunggu zonasi dan RIP jadi kita geser ke tahun 2023 ini dan anggarannya sudah kita serahkan juga. Mudah-mudahan bisa terlaksana dalam waktu dekat, paparnya. (19/01/2023)

Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan masyarakat yang menyebrang di pelabuhan Kayangan kita akan memperbaiki beberapa fasilitas yang ada di pelabuhan Kayangan.

Di tahun kemarin ASDP telah melakukan sejumlah peningkatan fasilitas di pelabuhan Kayangan antara lain, pembetonan area parkir pelabuhan, pengaspalan jalan keluar masuk pelabuhan, rehabilitasi talud dan pembangunan tolilet serta penataan taman.

Lanjut, Agus Hamdani, pada tahun ini sekitar 30% ASDP Cabang kayangan akan memperbaiki atau merenovasi fasilitas pelabuhan.

Rencana yang akan di perbaiki itu seperti ruang tunggu yang VIP,  tempat parkir dan penataan tempat warung-warung yang ada di pelabuhan kayangan. Sehingga para penumpang dan pedagang di kawasan pelabuhan bisa lebih tertata dan nyaman.

"Perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan penyeberangan dan pelabuhan di Pelabuhan Kayangan sejalan dengan penyesuaian tarif penyeberangan dari Pelabuhan Kayangan–Pelabuhan Poto Tano, yang udah diberlakukan sejak 12 Januari 2023," tutup Agus.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01