Mataram - Reportase7.com


SMKN 4 Mataram (SMEKA) menggelar perayaan ulang tahun yang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya. Puncak HUT sekolah yang sudah menginjak usia ke-55 tahun ini dirayakan dengan sangat meriah bertempat di Lapangan Sekolah, Rabu (11/01/2023).


Acara ulang tahun SMEKA ini merupakan ajang silaturahmi antar pemerintah dengan tenaga pendidik dan siswa. Dalam kegiatan ini hadir Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. Aidy Furqon, M.Pd, Jajaran Dikbud Privinsi NTB, Kepala Sekolah Tingkat Kota Mataram, Ketua Komite SMEKA serta Kapolsek Kota Mataram.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. Aidy Furqon mengucapkan syukur bahwa SMEKA ini karena ada kemajuan dan perkembangan yang sangat progresif.

"Oleh karena itu, kita baru satu persatu secara tahap pertahap akan memberikan fasilitas supaya kalian bisa belajar dengan baik. Belajar se kompetensi mungkin, belajar sehebat mungkin dan belajar untuk bisa menjadi orang yang hebat dan menjadi orang yang luar biasa," ujar Aidy.

Masuk pada usia yang sangat dewasa, kita harapkan sekolah ini bisa terus menjadikan anak-anak yang mampu menghasilkan project based learning dan endingnya adalah production based learning.

"Karena itu, kepada para kepala sekolah dan bapak ibu guru saya ucapkan terima kasih atas pengawalan mengajari anak-anak didik kita ini dengan sabar untuk bisa mencapai kompetensi-kompetensi sesuai dengan kor yang ada pada sekolah ini," lanjutnya.

Ucapan terima kasih pula disampaikan kepada seluruh mitra kerja dari dinas Dikbud Nusa Tenggara Barat dan khususnya mitra kerja dari SMK yang hadir saat ini. Mitra kerja ini menjadi jalinan ikatan profesional untuk terus memberi bantuan sumbangsih sistem kinerja.

Aktivitas untuk mendukung layanan pada anak-anak agar bisa masuk ke dunia kerja. Memberi pengalaman bekerja pada vokasi dan pengalaman bekerja untuk menghadapi orang lain.

Guru kita di sekolah-sekolah ini sudah mempunyai sifat kepemimpinan, sudah mempunyai kemauan dan memiliki organisasinya sendiri.

Sudah punya kelompok di kompetensinya dan punya iktikad untuk membesarkan dan menyemangati sekolahnya. Jadi kali ini kita perlu memberi ruang untuk pengenalan siswa baru. Agar persiapan ulang tahun itu tidak lagi oleh organisasi dan para guru. Mereka cukup memandu, biarkan anak-anak yang berkreasi.

Alhasil seperti inilah yang kita lihat hari ini. Cukup bagus. Kita harus menghargai, namanya anak-anak, tapi kalau mereka udah jadi orang dewasa atau remaja karyanya akan lebih bagus lagi.


Harapan Aidy selaku Kadis Dikbud Provinsi NTB yaitu agar SMEKA terus berprestasi dalam melaksanakan program-program kebijakan yang sudah kita keluarkan.

"Sesuai dengan motonya, agar bisa bersaing di era global, karena ini kur pariwisata. Saat ini pariwisata kan harus go internasional, dan kepala sekolah punya kewajiban terus mendesain pengembangan kompetensi anak-anak kita sesuai dengan kebutuhan di zamannya," ungkapnya.

Dan untuk kepada para guru yang purna tugas, saya ucapkan terima kasih karena sudah mengabdi di sekolah atau di masyarakat. Dan tentu ini akan menjadi tugas kami berikutnya yaitu menyediakan para penggantinya.

"Kepada kepala sekolah, bapak dan ibu guru tidak hanya keterampilan, tidak hanya ilmu pengetahuan, tetapi juga diberikan secara khusus intervensi kepada mentalnya, bertemu orang lain dan berani menyatakan diri jadi orang hebat," tutup Aidy.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01