Sumbawa - Reportase7.com


Kampus AKOM adakan acara TalkShow  Revolusi Penanganan Sampah di Era Digital Menuju NTB Bersih Sampah  dan Launching ATM Bank Sampah Digital yang dilaksanakan di Kampus AKOM Sumbawa (11/01/2023).


Sebelum mulai acara pembukaan, Direktur AKOM pertama adakan penanaman pohon kurma oleh staff ahli Kementerian LHK, Gubernur NTB, Dinas LHK NTB, Bupati Sumbawa, Dikbud NTB, Rektor UTS, Direktur AKOM dan Bank NTB.

Direktur AKOM Ahmad Jaya, ST., MT, mengatakan, dalam mengawali aktivitas ditahun 2023 kampus AKOM Sumbawa akan menyelenggarakan Event Nasional pada bulan Januari, rencananya akan dilaksanakan di kampus AKOM Sumbawa.

"AKOM Sumbawa Insya Allah akan menyelengarakan Event TALK SHOW Nasional bertajuk "REVOLUSI PENANGANAN SAMPAH DI ERA DIGITAL MENUJU NTB BERSIH SAMPAH", ungkap Ahmad Jaya.

Dikatakan direktur Muda itu yang akrab disapa Bang Jaya, dalam TalkShow nanti akan menghadirkan Keynote Speaker yakni Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah, SE., M. Sc, dan tenaga ahli Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian LHK RI Pramu Risanto. Serta pemateri dari berbagai perusahaan nasional dan instansi pemerintah daerah yang ada di NTB sepeti Direktur AKOM Sumbawa, Direktur Kemitraan PT. Mountrash Avatar Indonesia, Direktur Utama Bank NTB Syariah, Kadis DIKBUD Provinsi NTB, Kadis LHK Provinsi NTB, dan Ketua Umum Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI.

Acara  ini dipandu oleh Moderator Drs. Iwan Sofian, yang merupakan Camat Sumbawa Besar. Acara tersebut  dirangkaikan dengan Launching "ATM Bank Sampah Digital" yang merupakan hasil kerja sama Kampus AKOM Sumbawa dengan PT. Mountrash Avatar Indonesia, PT. Fatma Eco Energi Lestari, serta akan mengadakan kerjasama dan kolaborasi AKOM dengan perusahaan-perusahaan nasional lainya.

"Ucapan terima kasih kami haturkan kepada PT. Mountrash Avatar Indonesia, Asosiasi Daur Ulang Plastik Indonesia (ADUPI), PT. United Equipment Indonesia, PT. Bunga Raya Lestari, Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), PT. BANK NTB Syariah, PT. Olat Maras Power, PT. Mayora Indah, PT. Padma Ecoenergy Lestari. selaku Pendukung Event dan acara ini, Terima kasih kepada TVRI Nusa Tenggara Barat, Harian Umum SUARA NTB, Gabungan Journalis Investigasi (GJI NTB) selaku Media Patner, dan Terima kasih sebesar besarnya kepada PT. Padma Ecoenergy Lestari, PT. United Equipment Indonesia, PT. BANK NTB Syariah selaku Sponshorsip Acara," ujar Bang Jaya.


Turut hadir dalam acara tersebut KCD Dikbud NTB, Assisten III Setda Sumbawa, Dinas LH Kabupaten, Anggota DPRD Sumbawa Fraksi PKS, Camat Sumbawa dan Lurah Sekecamatan Sumbawa, Forkompincam Moyo Hulu, Rektor UTS, Direktur PT. Mountrass, Direktur PT. Fatma Teknologi, Ketua ABSA( Assosiasi Bank Sampah Indonesia) Fathul, Bank NTB Syariah, Kepala SMK Se-kabupaten Sumbawa.

Dalam acara TalkShow yang dirangkaikan denga sesi tanya jawab, yang pada kesempatan pertama dilontarkan oleh Trass Zero kecamatan Utan yakni Zizi Rosmala menanyakan terkait makin banjirnya sampah di Kabupaten Sumbawa, kalau dilihat dari hulu hingga Hilir sampah sudah menjadi penomena di Kabupaten Sumbawa ini, ini harus segera disikapi. Meminta kepada pemerintah Sumbawa melalui Dinas LH serius Selsaikan masalah sampah, dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama.

Acara TalkShow ditutup dengan pemberian Cinderamata dari AKOM Kepada Staff Ahli Kementerian LHK, Kadis LHK NTB, KCD Dikbud NTB, PT. Mountras, PT. Fatma dan Camat Sumbawa.

Pewarta: Mulyadi
Editor: R7 - 01