(Foto: M. Zain Darmat, SH, saat di Lantik jadi ketua LPBH PC NU Lombok Barat)


Lombok Barat - Reportase7.com

Pengurus MAJELIS WAKIL CABANG (MWC) PC NU gelar pelantikan di Kecamatan Sekotong dan Kecamatan Lembar yang di hadiri sebanyak 500 peserta dan tamu undangan, turut hadir Sekda Lobar yang mewakili Bupati Lombok Barat, Kapolres Lobar, Dandim Lobar, Camat Lembar, Camat Sekotong, Perwakilan dari Umat atau tokoh Hindu, Budha dan Ketua PC NU Lobar beserta Jajarannya, bertempat di Aula PT Pelindo Gili Mas Lembar Sabtu (28/01/201/23).

Acara pelantikan ini mencakup pelantikan Pengurus Majelis Wakil Cabang (PMWC) Sekotong Lembar, Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum (LPBH), Lembaga Takmir Masjid (LTM), Nahdlatul Ulama Kabupaten Lombok Barat.

Ketua LPBH PCNU Kabuapten Lombok Barat Muhammad Zain Darmat, SH, yang dilantik mengatakan bahwa, pelantikan bersama ini untuk memperkuat Struktur sampai ke tingkat Ranting dan menyambut 1 abad NU dengan Jam'iyah nya yang terbesar di Indonesia. NU merupakan organisasi tertua dan terbesar di Indonesia.

"Selama 1 abad ini NU memiliki kiprah nyata terhadap pembangunan dan peradaban masyrakat di negri ini, oleh karena itu sepantasnyalah NU mendapat perhatian dari pemerintah pusat ataupun daerah" ujar Zain.

Zain menambahkan bahwa bersama rekan-rekan yang berprofesi sebagi Advokat, walaupun baru sekarang dikukuhkan atau dilantik, tetapi  yang berprofesi sebagai advocat selalu  meng-advokasi tentang beberapa hal yang diatensi oleh Ketua PC NU dan lainnya yang sudah berjalan sejak 2 tahun lalu.


"Karena tugas dan fungsi kami di LPBH NU ini adalah ter khusus memberikan bantuan hukum secara langsung kepada Ormas NU itu sendiri bagi pihak-pihak yang menyenggol harkat dan martabat Nahdlatul Ulama, kami pastikan paling depan untuk menyelesaikannya secara hukum," tegas pemuda NU ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Wakil Ketua LPBH PC NU Lobar M. Imam Zarkasih, SH., MH, mengatakan, pelantikan LPBH NU Lobar ini menjadi moment untuk menyatukan visi dan misi ke-NU-an mengingat ormas NU cukup besar dan LPBH ini akan hadir ditengah-tengah masyarakat atau Jamaah.

"Nanti didalam program Rapat Kerja (Raker) kami akan bekerjasama atau membuat MoU dengan semua MWC Se-Lobar untuk melakukan penyuluhan dan bantuan hukum di wilayahnya masing-masing," tutup imam.

Ketua Majelis Cabang Wakil Kecamatan Sekotong Ustadz H. Sahwan, S. Pd, sekaligus sebagai Ketua Panitia Pelantikan bersama menyampaikan bahwa, pelantikan ini sangat meriah, dan semoga setelah pelantikan ini semua kita yang dilantik juga menunjukan kemeriahan dalam satu semangat untuk terus berkidmat di NU.

"Saya harap setelah dilantik bukan lantas kita tidur tetapi dengan begitu kita bisa mengayomi masyarakat atau jamaah kita," tandasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01