(Foto: Wabup Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, dan Prof. Dr. H. Abdul Latif, SH., M. Hum)


Sumbawa - Reportase7.com

Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S.Pd., M. Pd, membuka secara resmi Kuliah Umum yang diisi oleh Guru Besar Universitas Krisnadwipayana Jakarta dengan mengangkat tema “Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Yang Bersih Dalam Upaya Pencegahan Tindak Pidana Korupsi” di Aula H. Madilaoe ADT lantai III kantor Bupati. (23/01/2023)

Hj Novi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang Kepada Guru Besar Prof. Dr. H. Abdul Latif, SH., M. Hum, yang sudah bersedia hadir dan mengisi Kuliah Umum Kabupaten Sumbawa. Wabup  berharap agar apa yang disampai oleh pemateri dapat menambah wawasan bagi para OPD dan tamu undangan yang hadir.

"Ini merupakan langkah strategis dalam membangun komitmen yang kuat bagi seluruh aparatur pemerintah dan masyarakat dalam memerangi tindakan korupsi khususnya di Kabupaten Sumbawa ini," ujar Wabup.

Di tempat yang sama  Prof. Dr. H. Abdul Latif, selaku pemateri dalam paparannya menjelaskan tentang  Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan  “pasal 17” yang terdapat dalam bagian ketujuh yaitu tentang “Larangan Penyalahgunaan Wewenang” diantaranya :

(1) Badan dan/atau Pejabat Pemerintahan dilarang  menyalahgunakan Wewenang.
(2) Larangan penyalahgunaan Wewenang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi: larangan melampaui Wewenang, larangan mencampuradukkan Wewenang, dan/atau larangan bertindak sewenang-wenang.


Dijelakan Frof Abdul Latif bahwa, perlu adanya koordinasi aparat penegak hukum dan pemerintah daerah agar supaya tugas pemerintahan daerah ini dapat terlaksana baik untuk kesejahteraan masyarakatnya, hendaknya dihindari suatu tindakan kriminalisasi yang diproses oleh aparat penegak hukum sampai di pengadilan, sebab jika sampai hal ini terjadi sudah pasti tujuan pembangunan kepentingan dan kesejateraan masyarakat kita akan terkendala.

"Maka sebisa mungkin untuk kita semua dapat menghindari adanya suatu tindak yang melawan hukum," tandas Prof Abdul Latif.

Turut hadir pada acara Kuliah Umum tersebut, yakni Kepala OPD, Lurah se-Kecamatan Sumbawa, dan para Kades maupun yang mewakili serta beberapa tamu undangan.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01