(Foto: Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB Dr. Aidy Furqon)
 

Mataram - Reportase7.com 


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Dr. Aidy Furqon hadiri perayaan HUT SMKN 1 Mataram. Dalam sambutannya, sebagai kepala Dinas menyempatkan waktu untuk hadir agar melihat progres perkembangan sekolah dari waktu ke waktu. Progres tata kelola siswa-siswi SMK Negeri 1 Mataram, Sabtu (21/01/2023)

"Tidak ada pilihan bagi kita, untuk tidak menyegerakan, menyesuaikan diri dengan kebutuhan perkembangan saat ini. Maka dari itu kami telah melaksanakan MoU satu tahun yang lalu dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil," ungkap Aidy.

Dijelaskan Aidy bahwa, selaku Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB telah menandatangani Program kerjasama dengan Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Jadi ada 4 kesepakatan antara Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Jawa Barat, Sunda Besar, dan Sunda Kecil.

Empat program kerja sama itu akan bertukar program kegiatan dan Kepala Sekolah dari NTB nantinya akan bisa magang, baik di Jawa Barat maupun di Nusa Tenggara Barat, serta para guru yang berprestasi di setiap sekolah di NTB dapat di magang kan di Jawa Barat.

Sedangkan untuk siswa mulai tahun ajaran ini akan di pilih beberapa siswa teladan di sekolah, anak teladan yang dipilih nantinya akan dikirim belajar ke Jawa Barat. Dan anak-anak Jawa Barat yang berprestasi juga akan dikirim belajar ke Nusa Tenggara Barat selama 1 bulan hingga 2 bulan.

"Oleh karena itu disepakati program 'Sister School', itulah rangkaian program satu demi satu, tahap demi tahap, kita menyesuaikan dengan tuntutan kurikulum merdeka," terang Aidy.

Kehadiran Kepala Dinas Dikbud Provinsi NTB dalam menyaksikan penampilan Fashion Show di SMK Negeri 1 Mataram yang riperagakan oleh kelas Tata Busana merupakan suatu kebanggaan dapat melihat siswa-siswi yang mampu memberikan karyanya dengan memanfaatkan  barang bekas yang semula tidak berharga menjadi barang yang memiliki harga serta menjadi karya Zero Waste.

"Ini akan menjadi unggulan utama anak Tata Busana SMK Negeri 1 Mataram, sangat kreatif dan bisa memanfaatkan plastik koran. Dan saya pesan kepada Kepala Sekolah ini agar disimpan dan nanti kita akan bikin momen untuk program Zero Waste," tutupnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01