Mataram - Reportase7.com


SMK Negeri 4 Mataram (SMEKA) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-55. Kegiatan ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh OSIS SMEKA.


Di ulang tahunnya yang ke-55 ini,  kepanitian dari OSIS SMEKA mengangkat tema “SMK BISA SMK HEBAT SMK ISTIMEWA”. Puncak acara HUT ini diadakan di Halaman SMKN 4 Mataram, Rabu (11/01/2023).

Berbagai rangkaian kegiatan sudah dilaksanakan untuk menyambut HUT SMEKA ini. Seperti lomba dan kegiatan donor darah. Pelaksanaan kegiatan semuanya dilaksanakan sebelum puncak ulang tahun sekolah.

Kepala SMKN 4 Mataram, Iwan Supriady, A. Md., Par., S. Pd, memberi sambutan tentang sekilas sejarah SMKN 4 Mataram. Selain itu, dalam sambutannya menyampaikan 55 tahun bukanlah waktu yang singkat.

Di usia yang cukup matanya ini, SMKN 4 Mataram merupakan sebuah perjalanan panjang yang melewati berbagai macam perubahan seperti, perubahan paradigma pendidikan, perubahan tuntutan masyarakat dan industri.

"Alhamdulillah, SMK Negeri 4 Mataram di usia yang ke 55 masih tetap eksis melayani masyarakat dalam memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang pariwisata," papar Iwan.

SMK Negeri 4 Mataram merupakan salah satu SMK pelopor diktor pariwisata.

"SMKN 4 Mataram dibawah bimbingan Kadis Dikbud Porvinsi NTB tetap bersinergi bersatu padu, bersama dalam keberagaman menyatukan niat untuk memajukan SMKN 4 Mataram yang unggul dan berdaya saing di era global," harapnya.

Banyak harapan kami sesungguhnya di mana tantangan-tantangan ke depan yang makin besar pada dunia pendidikan ada era digitalisasi, globalisasi, lalu revolusi point zero. Lalu ada kebijakan pemerintah yang menempatkan SMK itu sebagai prioritas dalam pengembangan pembangunan sumber daya manusia.

Untuk langkah 5 tahun ke depan kami mencoba merubah visi SMK Negeri 4 Mataram. Jadi visi kami sekarang diubah menuju pusat pendidikan dan pelatihan vokasi pariwisata yang berbasis digital untuk mewujudkan sdm unggul dan berdaya saing di era global ini.

Sebagai visi baru ini kita, kita design untuk menjawab tantangan ke depan sehingga dalam menjalankan visinya, SMK Negeri 4 Mataram ini akan memiliki 5 peran utama.

"Peran utamanya itu sebagai pusat pengembangan soft skill, lalu pengembangan hard skill, life skill talenta. Dan yang terakhir SMKN 4 akan kita jadikan sebagai hospitality zone jadi zona yang teramat aman dan zona yang nyaman bagi anak. Jadi 5 peran inilah harapannya nanti yang bisa merubah kualitas lulusan SDM SMK Negeri 4 Mataram," tutupnya.

Di HUT SMEKA ini juga dilakukan pemberian hadiah kepada 11 guru yang purna tugas. Terima Kasih atas peran dan dedikasinya dan semoga dengan seleseinya tugas di sekolah ini para guru menjadi semakin sukses.

Selamat Ulang Tahun untuk SMK Negeri 4 Mataram. Semoga terus maju menjadi sekolah yang unggul, sehat, dan ramah yang menghasilkan tamatan yang beriman dan bertakwa, kompeten, serta mampu bersaing di kancah global.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01