(Kadis Dikbud NTB Dr. Aidy Furqon, M. Pd, saat membuka acara Review dan Sosialisasi program kerja SMAN 2 Gerung di Jayakarta Hotel)


Mataram - Reportase7.com

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd, memberikan penguatan program unggulan Dikbud bertempat di Jayakarta Hotel, Sabtu (11/02).

Penguatan Program Dikbud di sampaikan saat membuka acara Review dan Sosialisasi program kerja SMAN 2 Gerung yang meliputi 3 program, yaitu Aiso Siniar atau Aiso Net, Bakti Stunting dan Tracer Study.

Dalam sambutannya Aidy mengatakan bahwa era tehnologi informasi berbasis internet saat ini diperlukan strategi penguatan dan pengembangan literasi digital dengan memanfaatkan media sosial yang dimiliki sekolah. (13/02/2023)

"AiSO Net adalah ruang media yang perlu dimanfaatkan untuk publikasi aktifitas sekolah," ujar Aidy.

Untuk penguatan Literasi Digital, Dikbud Nusa Tenggara Barat telah menjalin kerja sama dan  menandatangani MoU dengan Lombok Inisiatif sebagai mitra dalam membantu sekolah untuk publikasi.

Beliau menjelaskan, Bakti Stunting sebagai suatu bentuk intervensi keluarga besar Dikbud untuk menangani kasus Stunting di NTB melalui gerakan 1 telur 1 siswa tiap tiga bulan bersama para guru dan orang tua siswa di setiap sekolah.


“Terimakasih pada sekolah yang telah melaksanakan Bakti Stunting di tempat masing-masing,” terangnya.

Selanjutnya untuk Tracer Study yakni suatu bagian pendataan alumni yang melanjutkan kuliah maupun bekerja dengan cara sistematis.

Hal ini menjadikan sekolah agar mempermudah pelayanan pendidikan yang dapat dilakukan oleh alumni.

Selain itu juga Aidy menjelaskan bahwa Pemprov NTB dan Pemprov Jawa Barat telah bekerja sama untuk melaksanakan Sharing Program bidang pendidikan dengan melakukan Magang Kepala Sekolah, Magang Guru dan sister school.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01