(Foto: Wabup Sumbawa Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Sumbawa Dr. Budi Prasetyo, S. Sos., M. AP saat menghadiri pelatihan kerja di UPTD LLK Sumbawa)


Sumbawa - Reportase7.com

Pemerintah Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi UPTD LLK Sumbawa membuka pelatihan kejuruan Las Listrik, Sepeda Motor, PHP, Instalasi Listrik, Desain Grafis, Operator Komputer, Menjahit, Teknisi sepeda motor dan Teknisi perawat AC binaan lotim di UPTD LLK Sumbawa Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan tersebut bertempat di UPTD LLK Labuan Sumbawa acara pembukaan pelatihan kejuruan yang dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Varian Bintoro, S. Sos., M. SI, kepala dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prasetiyo, S. Sos., M. AP, OPD terkait dan para pelatihan kerja. (07/02/2023)

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa Dr. Budi Prasetyo, S. Sos., M. AP, mengatakan bahwa, kegiatan  pelaksanaan pembukaan pelatihan kerja yang berbasis kompetensi yang merupakan sebuah pelaksanaan dari pelatihan peningkatan produktivitas di Kabupaten Sumbawa.

"Ini merupakan langkah untuk Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumbawa untuk memastikan bahwa sumberdaya manusia yang diciptakan harus mempunyai kompetensi yang mumpuni, oleh sebab itu hari ini kita akan melakukan pelatihan sebanyak 128 orang yang terbagi di 8 kejuruan, Kegiatan ini tidak hanya berhenti pada 8 paket dan berikutnya sudah kami siapkan 7 paket yang sama dan seterusnya di KLK," ujar Dr. Budi.

Tentunya untuk menghasilkan tenaga kerja yang kompeten harus dilakukan pelatihan yang berbasis kompetensi untuk penempatan tenaga kerja.

"Artinya kita harus melakukan koneksi antara dunia usaha dan dunia industri, ini yang kita lakukan komunikasi dengan beberapa perusahaan untuk bisa menampung alumni-alumni pelatihan yang tentu saja kita pastikan mereka bekerja dengan baik sesuai standar-standar yang diterapkan perusahaan," jelasnya.

Oleh sebab itu pelatihan berbasis kompetensi tetap berkoordinasi dengan dunia industri dan dunia usaha lainnya sehingga konsepnya antara dunia usaha dan dunia industri serta pelatihan dapat terkoneksi dengan baik untuk mengurangi pengangguran dan memastikan juga semua para pelatihan tersebut diorientasikan agar bagaimana mereka dapat mengakseskan apa yang telah didapat pada waktu mengikuti pelatihan kerja.

"Tujuannya diadakan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan dirinya pada dunia usaha serta pada dunia kerja," tutupnya

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Hj. Dewi Noviany, S. Pd., M. Pd, memberikan apresiasi kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa yang telah mengadakan pelatihan kerja berbasis kompetensi Kabupaten Sumbawa.


"Kunci kesuksesan Kerja itu ada 4, yang pertama kedisiplinan. Apapun yang ilmu yang diberikan oleh instruktur ketika kita tidak disiplin mustahil kita akan menjadi orang yang sukses, kedua semangat yang tinggi dalam bekerja, tiga kejujuran dan yang ke empat selalu berdoa," ungkap Wabup Sumbawa.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa  mendorong dan mensupport bagi para pelatihan LLK untuk mendapatkan dunia kerja serta dunia usaha.

"ini merupakan visi misi dari pemerintahan MO - NOVI dalam ciptakan 10.000 lapangan kerja hingga tahun 2024," tandas Novi sapaan akrab Wabup Sumbawa.

Pewarta: Ruslan
Editor: R7 - 01