(Foto: Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah di acara pesta Sedekah Ponan di Desa Poto)


Sumbawa - Reportase7.com

Bupati Sumbawa Drs H. Mahmud Abdullah menghadiri Sedekah Ponan di Desa Poto, Kecamatan Moyo Hilir, Kabupaten Sumbawa. Kegiatan Sedekah Ponan ini berlangsung Hidmat dan meriah. Turut hadir dalam kegiatan tersebut yakni Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rofiq, Ketua MUI Kabupaten Sumbawa Dea guru Syukri Rahmat, S. Ag, OPD terkait, serta seluruh komponen tokoh masyarakat Desa Poto. (16/02/2023)

Pada kesempatan tersebut Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan bahwa dalam menentukan pesta Sedekah Ponan ini  tergantung bagaimana dari keadaan cuaca serta kondisi tanaman padi kapan mulai ditanamnya.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa akan berupaya untuk melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata agar event seperti Sedekah Ponan ini akan terus dilaksanakan setiap tahunnya dan menjadi ajang silaturahmi.

Bupati Sumbawa juga meminta agar acara pesta ponan ini untuk terus terus di ekspos oleh media cetak atau elektronik ke masyarakat agar pesta ponan ini lebih terkenal.

"Event Sedekah Ponan ini harus terus ada dan menjadi budaya tahunan di Kabupaten Sumbawa, kepada media kegiatan harus di ekspos agar lebih dikenal oleh masyarakat di luar Sumbawa," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama ketua MUI Kabupaten Sumbawa  mengatakan, Hikmah yang dapat kita ambil dari acara Sedekah ponan ini adalah sebagai rasa syukur kita kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala yang telah memberikan limpahan rahmatnya kepada kita semua.

"Termasuk kepada para petani yang tentunya sangat berharap bahwa pertumbuhan padinya akan menjadi lebih baik sehingga hasil panennya nanti akan melimpah," ungkap Ketua MUI Kabupaten Sumbawa Syukri Rahmad.

Di samping itu juga bahwa acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara masyarakat yang ada di luar Desa Poto maupun yang ada di dalam Desa Poto, tujuan berikutnya adalah ada isyarat untuk kita selalu mencintai alam atau lingkungan yang tentu seluruh bahan makanan  atau pembungkus berasal dari alam.


Ketua MUI Kabupaten Sumbawa Dea guru Syukri Rahmat, S. Ag,  menerangkan bahwa, sesungguhnya kita berdoa kepada Allah bukan. Sedekah Ponan merupakan budaya yang harus dilestarikan sebagai ajang silaturahmi antar sesama serta memperkuat ukhuwah.

"Mudah-mudahan dengan adanya acara ini akan memperkuat nilai adat budaya kita yang berpedoman kepada adat barenti lako Sara, Sara berenti lako kitabullah," tutupnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01