(Foto: Kepala Sekolah MAN 2 Mataram Drs. H. Lalu Syauki, MS., M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

MAN 2 Mataram (Manda) kembali mengukir prestasinya melalui siswa-siswinya. Hal yang luar biasa saat ini di peroleh Manda.

Ahmad Amartia Nurfiqri salah satu siswa Manda yang terpilih sebagai salah satu peserta pembinaan Olimpiade Internasional yang akan dilaksanakan di Jepang-Tokyo.

Berdasarkan Keputusan Nomor 0147/J3/PN.00/2023, Fiqri beserta 34 teman-temannya dari Sekolah/Madrasah bonafid tanah air terpilih dalam pembinaan tersebut.

Fiqri merupakan satu-satunya perwakilan dari Madrasah maupun sekolah umum asal Nusa Tenggara Barat. Event ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

Kegiatan ini juga diadakan dalam rangka melaksanakan tugas dan fungsi pengembangan prestasi peserta didik khususnya dalam bidang sains, riset, teknologi dan inovasi.

Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek akan berpartisipasi dalam sembilan ajang Talenta Internasional bidang Sains tahun 2023.

Kesembilan bidang itu yaitu: (1) International Biology Olympiad (IBO), International Chemistry Olympiad (IchO), International Earth Science Olympiad (IGeO),  International Mathematical Olympiad (IMO), International Olympiad in Informatics (IOI), International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA), International Phisycs Olympiad (IPhO), International Economics Olympiad (IEO) dan  International Geography Olympiad (IGO).

Ajang Talenta International bidang Sains merupakan kegiatan tahunan yang mewadahi kompetensi para pelajar Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/ sederajat dalam bidang Sains.

Selanjutnya, Pusat Prestasi Nasional akan mengirimkan delegasi Indonesia pada ajang International Physics Olympiad (IPhO) yang dilaksanakan di Tokyo, Jepang secara luring atau tatap muka mulai tanggal 9-17 Juli 2023.

Namun, sehubungan dengan pelaksanaannya, Pusat Prestasi Nasional terlebih dahulu akan mengadakan pembinaan tahap I pada International Physics Olympiad tahun 2023 yang akan dilaksanakan secara daring pada tanggal 13-26 Februari 2023.

Ahmad Amartia Nurfiqri merupakan salah satu siswa Manda yang telah berkali-kali mengharumkan nama Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam berbagai ajang Olympiade Nasional.


Fiqri merupakan satu-satunya wakil madrasah yang bertarung di ajang Olympiade Sains Nasional (OSN) yang digelar oleh Kemendikbudristek tahun 2022 lalu dan ia berhasil meraih Medali Perunggu.

Fiqri juga merupakan satu-satunya penyumbang medali OSN tingkat Nasional untuk daerah NTB.

Di tahun yang sama, Fiqri kembali mewakili Nusa Tenggara Barat dalam gawe besar Kementerian Agama Republik Indonesia yakni Kompetisi Sains Madrasah (KSM), dan Fiqri berhasil membawa pulang medali perak serta uang tunai.

OSN diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek dengan tujuan untuk mendorong semangat dan daya juang peserta didik serta memfasilitasi bakat dan minat untuk mencapai prestasi terbaik peserta didik di bidang Sains.

Tujuan lainnya adalah untuk memberikan penjaringan dan pembinaan kepada calon peserta Kompetisi Tingkat Internasional.

Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki, MS., M. Pd, sangat gembira mendengar kegiatan yang akan diikuti oleh anak didiknya ini. Serta berharap kegiatan akan berjalan lancar sampai Fiqri terpilih menjadi delegasi Indonesia ke Jepang.

Lalu Syauki ketika di temui media (Reportase7.com) Rabu (15/2) mengatakan Fiqri adalah siswa ajaib Man 2 Mataram, banyak prestasi yang sudah di raih.

Saat ini Fiqri sudah mulai dikarantina selama 2 minggu untuk melaksanakan pembinaan dari Jakarta.

"Semoga kedepannya akan lahir lebih banyak lagi siswa-siswi Manda yang mengukir prestasinya hingga mendunia seperti motonya "MAN 2 Mataram Mendunia," tutup Syauqi.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01