(Foto: Acara Program Intra-Chromatic di Musium Nasional Jakarta)


Jakarta - Reportase7.com

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB. DR H Aidy Furqan hadir dalam program Intra-Chromatic di Museum Nasional, (11/02).


Sacred Bridge Foundation, organisasi budaya swasta pertama di Indonesia yang diakui sebagai mitra budaya oleh UNESCO di Asia Tenggara, dengan bangga mengumumkan peluncuran program Intra-Chromatic (IC) yang diselenggarakan di Museum Nasional.

Program ini berasal dari inisiasi Tatum Maya Asli perupa Indonesia yang berasal dari Sumbawa NTB dan popular di Swedia.

Peluncuran program IC memfasilitasi pameran hidup yang diwakili oleh perupa kelahiran Sumbawa (Nusa Tenggara Barat), Tatum Maya, dan Jonas Liverod dan Tobias Bradford sebagai duo, asal Swedia.

Menurut Aidy hadirnya program Intra-Chromatic itu merupakan sinergitas para seniman mancanegara dan Nusantara terutama Swedia dan Indonesia.

Kegiatan ini berupaya membangun hubungan yang saling memperkaya antara Indonesia khususnya Nusa Tenggara Barat dan Swedia. (13/02/2023)


Aidy berharap, Program ini dapat menjadi sebuah inspirasi warga di Nusa Tenggara Barat untuk meningkatkan pemajuan kebudayaan daerah.

Peluncuran program IntraChromatic ini, Sacred Bridge menekankan akan adanya kesadaran penuh pentingnya saling memahami, bertoleransi, dan menghormati adalah permulaan yang baik dalam menyemai keragaman, namun sayangnya ini saja tidak cukup.

Dengan diadakannya Intra-Chromatic yang berlangsung mulai dari tanggal 10-11 Februari di Museum Nasional ini sebagai upaya mensosialisasikan bukan hanya pentingnya integrasi (baik itu antara sejarah, kekinian, masa depan, lokal-global maupun antara tradisi-modernitas), tetapi juga peran museum di era sekarang ini.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01