(Foto: Kasubdit IV Dit Intelkam Polda NTB AKBP Moch Yunus Junaidi, S. Sos, saat sosialisasi pemahaman hukum di MAN 2 Mataram)


Mataram - Reportase7.com

Polda NTB Kunjungi MAN 2 Mataram guna memberikan sosialisasi beberapa hal kepada siswa-siswi MAN 2 Matara, terutama memberikan pemahaman hukum. Hal tersebut menjadi penting untuk di fahami oleh para siswa-siswi agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang bersifat hukum atau tindak pidana, bertempat di Lapangan Tengah MAN 2 Mataram, Senin (27/2/2023).

Kunjungan ini merupakan salah satu kegiatan dengan Tema Polri Menyapa Madrasah. Dan di dihadiri oleh Kasubdit IV Dit Intelkam Polda NTB AKBP Moch Yunus Junaidi, S. Sos., MH., IPTU Eko Riyadi, SH Pamin II Sie Tekintel Dit Intelkam Polda NTB, dan Bripka DODIK PARIASTHA Banit Subdit IV Dit Intelkam Polda NTB.

Didampingi Kepala Madrasah Drs. H. Lalu Syauki MS, M. Pd, dan sejumlah guru MAN 2 Mataram, Yunus Junaidi memberikan sosialisasi setelah selesai melaksanakan upacara bendera.

Ada beberapa hal yang disampaikan Yunus Kepada para siswa- siswi MAN 2 Mataram baik reguler maupun keagamaan akan diberikan kemudahan dan apresiasi ketika mendaftar menjadi anggota Kepolisian.

Terutama bagi siswa yang memiliki kemampuan tahfizul Qur'an minimal 10 juz mutqin. Mutqin bermakna hafalan al-Qur'an yang lancar dan fasih.

Selanjutnya beliau mengingatkan kepada siswa siswi agar selalu menjaga diri, jangan sampai terjerumus ke dalam persoalan sosial ataupun tindak pidana.

Seperti kasus narkoba, tawuran dan berbagai tindak pidana lainnya. Termasuk kasus intoleran, radikal dan terorisme.

Mengingat usia siswa MAN 2 Mataram saat ini sangat rentan dan potensial terpengaruh ke dalam hal-hal tersebut.

Sikap anti radikal serta anti terorisme ini dengan program Kementerian Agama RI yang digaungkan Moderasi beragama. Sikap moderat adalah sikap tidak memihak salah satu golongan.

"Ia berpesan agar siswa diminta bisa saling menjaga dan mengawasi rekan-rekannya, mengingat di NTB terdapat banyak kelompok tersebut serta sudah banyak pula dilakukan penindakan," papar Yunus.

Ke depannya seluruh elemen madrasah di MAN 2 Mataram agar bisa bersinergi dan bekerjasama dengan kepolisian untuk sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Karena dunia pendidikan adalah lingkungan yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai corong dalam mengajak masyarakat menuju kebaikan

Dengan adanya, sosialisasi dari Kepolisian ini bisa menambah ilmu bagi anak didik sebagai generasi muda untuk menjauhi narkoba.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01