(Foto: Kepala Sekolah MAN 2 Mataram H. Lalu Syauki bersama 2 calon MAN PK yang sukses hapalan 30 Juz)


Mataram - Reportase7.com

MANPK MAN 2 Mataram merupakan salah satu madrasah Program Keagamaan milik pemerintah dari 10 MAN PK yang ada di Indonesia. Deretan MANPK tersebut adalah MAN PK MAN 2 Mataram, MAN PK MAN 1 Yogyakarta, MAN PK MAN 1 Surakarta, MAN PK MAN 3 Kota Makassar, MAN PK MAN 2 Samarinda, MAN PK MAN 1 Jember, MAN PK Padang Panjang, MAN PK Darussalam Ciamis, MAN PK MAN 4 Jombang dan MAN PK Banjar.

Memasuki Tahun pelajaran 2023/2024 MAN PK seluruh Indonesia membuka pendaftaran serentak. Untuk Tahun pelajaran ini dibuka tiga jalur, yaitu: jalur prestasi, jalur tes dan jalur internasional. (15/02/2023)

Khusus jalur internasional hanya diperuntukkan untuk tiga MAN PK saja, yaitu MAN PK MAN 1 Yogyakarta, MAN PK MAN 1 Surakarta dan MAN PK MAN 1 Jember. Sedangkan untuk jalur prestasi tahun ini persyaratan wajibnya adalah calon santri mampu menghafal 15 juz mutqin.

Adapun kuota yang akan diterima di MAN PK MAN 2 Mataram seperti tahun lalu, masing-masing satu rombongan belajar yang berisi 24 putra dan 24 putri. Untuk beasiswa, santri yang berhasil lulus menjadi santri baru MANPK MAN 2 Mataram akan diberikan beasiswa sejumlah 700 ribu/santri/bulan.

Beasiswa tersebut akan diterima selama santri bersangkutan menjadi santri di MAN PK MAN 2 Mataram, alias santri akan menerima beasiswa selama tiga tahun atau 6 semester.

Kepala Madrasah H. L. Syauki menyampaikan hari ini tes wawancara untuk penerimaan MAN PK MAN 2 Mataram sudah mulai berlangsung dan sudah ada dua calon MAN PK yang bisa menghafal 30 juz Al-Qur'an.

"Ada dua calon yang akan diterima karena sudah melalui tahap wawancara, mereka dapat menghafal 30 juz Al-Qur'an," terang L. Syauki.

Penerimaan untuk MAN PK ini adalah murni dari prestasi siswa itu sendiri, tidak ada titip menititip oleh orang tua maupun tingkat pejabat murni dari prestasi yang diraih siswa tersebut, lanjutnya.

Dijelaskan L. Syauki bahwa dengan adanya MAN PK ini para orang tua dari siswa ini tidak perlu khawatir dalam mendidik atau mengajarkan tentang keagamaan dirumahnya lagi. Karena, di MAN PK para siswa akan belajar penuh tentang ilmu keagamaan.

Beberapa alumni dari MAN PK pun telah menjelajah hingga ke luar negeri, seperti mendapat beasiswa di Kairo-Mesir dan pulang menjadi Ulama. Saat ini siswa maupun alumni MAN PK MAN 2 Mataram telah banyak melanjutkan studi di luar negeri dan itu membuat bangga Madrasah salah satunya alumni MAN PK yang diterima di Yarmouk University Yordania , tutupnya.

Satu hal yang membuat MAN PK MAN 2 Mataram memiliki peminat yang banyak dan beragam, yakni fasilitas yang tersedia sangat memadai, mulai dari ruang belajar, tempat tidur, asrama dan laboratorium dilengkapi dengan meubeler terbaru, ruangan full AC, serta kegiatan-kegiatan tutorial yang diberikan oleh para ahli dan guru besar dari berbagai perguruan tinggi.

Di samping itu juga, banyak santri MANPK yang meraih prestasi nasional dan internasional, serta banyak yang diterima di perguruan tinggi luar negeri. Alumninya tersebar di berbagai benua. 

Selain itu, khusus MAN PK MAN 2 Mataram diberikan guru tamu dari Universitas Al-Azhar Mesir oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Guru tamu itu adalah Fadhlilatus Syeikh Alaa Kamal Ahmed Osmen. Syeikh merupakan ahlullughoh (ahli bahasa), ahlil kitab (ahli kitab) dan ahlulqur’an (ahli Qur’an). Syeikh akan mengajar untuk MAN 2 mataram selama tiga tahun,  mulai dari 2022-2025 mendatang.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01