(Foto: Para penonton WSBK 2023 Mandalika)


Lombok Tengah - Reportase7.com

Balapan final atau race kedua World Superbike Championship (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu (05/03/2023) sudah Ribuan penonton mulai berdatangan untuk melihat para pembalap mereka.

Salah satu penonton asal Kota Mataram Laili (23) mengatakan dirinya sangat antusias menyaksikan helatan WSBK secara langsung di Sirkuit Mandalika. Dia bersama dua rekannya sengaja datang pagi dan segera menuju tribun Premier Grandstand A.

"Takut telat dapat tempat duduk. Kami rencananya mau cari lokasi yang adem," ungkap Laili.

Meski merupakan warga Lombok, Laili mengaku baru pertama kali ke sirkuit yang berlokasi di Lombok Tengah tersebut.

"Saya belum tahu siapa aja pembalapnya. Tapi masa kita warga Lombok tidak nonton di kampung sendiri," tutur mahasiswi Universitas Yogyakarta tersebut.

Kondisi cuaca di Sirkuit Mandalika hari ini tampak cerah. Di Sabtu malam hujan selpat mengguyu sirkuit. Beberapa rider juga terlihat mengganti ban basah saat sesi pemanasan karena kondisi trek Sirkuit Mandalika dalam kondisi basah.

Gemma Direktur Utama Xplorin mengaku optimis target penonton WSBK Mandalika tercapai. Karena sehari sebelum final race, penjualan tiket terus bertambah, imbuhnya.

Menurutnya, akumulasi tiket terjual three day pass dengan one day pass atau Sunday pass pada final WSBK di Mandalika jauh berbeda. Sebab, dari 30.000 tiket terjual, tiket three day pass paling banyak dibeli.

Ia masih meyakini target 75 ribu penonton bisa diraih di Mandalika, jika menghitung jumlah penonton, bukan jumlah tiket terjual.

Mari samakan persepsinya. Jadi jumlah tiket itu tidak equals (sama) dengan jumlah penonton," terang Gemma.

Gemma mencontohkan jumlah tiket three day pass terjual seribu, maka jumlah penonton bisa dikali tiga kali lipat menjadi tiga ribu penonton.

Kalau menonton selama tiga hari itu dihitungnya tiga kali datang. Misalkan jumlah tiket terjual 1.000, nonton tiga hari tetap dihitung yang nonton itu tiga ribu," terangnya.

Di sisi lain, dari 30 ribu tiket WSBK Mandalika yang ludes terjual itu, terang Gemma, kebanyakan dibeli secara be to be. Jika melihat data yang sudah dikomparasi, jumlah penonton luar NTB mencapai tujuh ribu penonton.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01