(Foto: Tim MEC MAN 2 Mataram saat bersowa foto dengan 2 piala yang di raih dalam ajang Debat Bahasa Inggris tingkat Provinsi NTB)


Mataram - Reportase7.com

Debat Bahasa Inggris jebolan Madrasah English Club (MEC) MAN 2 Mataram yang digawangi Miss. Fina Karismayanti, S. Pd, ini kembali menunjukkan prestasinya.

Dalam lomba tersebut, tim Debat MAN 2 Mataram berhasil meraih 2 juara sekaligus dengan 1 kategori single dan satu kategori tim dengan rincian: (1) Ilmana Chiyarona Akrom meraih predikat first best speaker, (2) Muhammad Panji Hifzurrahman sebagai 2nd best speaker, (3) Muhammad Niko sebagai 3rd best speaker dan Kate Rachell Cahaya Sulivan sebagai 6th Best speaker.

Capaian ini tentu sangat membanggakan dan berhasil meraih 2 juara sekaligus di antara para peserta yang berasal dari berbagai sekolah di NTB. (14/03/2023)

Tahun lalu Tim MEC juga berhasil meraih juara tingkat Provinsi, dan tahun ini pun tidak berubah kali ini dalam Ajang SAVE-DC Undikma yang di gelar di kampus Undikma Mataram Sabtu (11/3/2023) MEC keluar sebagai juara.

Tim MEC yang kini dijuluki Madrasah Membara tidak hanya tingkat provinsi pernah di raih oleh siswa-siswi Man 2 Mataram ini. Di tahun sebelumnya juga pernah mewakili NTB dalam lomba Debat English.

Ketika diwawancarai Media Selasa (14/3/2023) Fina selaku pembina dari Tim MEC ini menyampaikan rasa bangga terhadap timnya karena berhasil keluar sebagai juara di Tingkat Provinsi.

Pembinaan dan pelatihan yang diberikan oleh Madrasah tidak sia-sia. Bahkan sebelum pelaksanaan lomba, tim MEC dikarantina terlebih dahulu selama seminggu untuk fokus pada Debat English yang di perlombakan ini.

"Jadi sebelum lomba, kita selama seminggu itu sudah ada karantina khusus pembinaannya dan pelatihan agar anak-anak lebih intensif dan tidak dibebankan dengan hal-hal yang lain", jelas Fina

Adapun petunjuk pelaksanaan lomba adalah setiap tim terdiri atas tiga pembicara yang berperan sebagai prime minister, deputy leader of opposition dan opposition whip. Masing-masing pembicara dari ketiganya disediakan waktu hingga 7 menit untuk memaparkan pendapatnya tentang masalah yang diberikan.

"Pelaksanaan lomba selama 2 hari yakni Sabtu-Minggu, dihari Sabtu Tim MEC ada dua round untuk preliminary (Babak Penyisihan), dan Minggu langsung ke Semi Final dan Grand Final sehingga Tim MEC berhasil mendapat Juara 1 dan Juara 2," papar Fina.

Lanjut Fina, untuk materi debatnya ada yang prepare motion, jadi mosi yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia itu sebanyak kurang lebih 10 mosi. Kemudian ada juga mosi yang siap ditampilkan pada saat lomba yaitu impromptu mosi.

"Jadi, mosinya itu spontan diberikan ketika 15 menit sebelum lomba," terangnya.

Harapan Fina selaku Pembina MEC, semoga bisa mengikuti hingga ke Event Nasional. Agar MAN 2 Mataram bisa meraih juara seperti ditingkat Provinsi saat ini.

Selain mendapat Reward atau Juara dari Lembaga Penyelenggara, Tim MEC ini juga mendapatkan reward yang diberikan oleh Madrasah dengan nilai yang tidak sedikit.

Sebagai tambahan informasi, debat merupakan kegiatan memperjuangkan argumen tim dengan cara menyampaikan bukti-bukti yang kuat dan relevan agar argumen tim menang. Dalam debat, peserta meyakinkan juri atau adjudicator bahwa argumen tim merupakan argumen yang valid, kuat, dan benar.

Lomba diadakan dalam dua hari. Hadiah lomba berupa uang pembinaan dan e-sertifikat. Untuk sang juara, selamat atas capaian, dedikasi dan usaha yang maksimal serta telah mempersembahkan yang terbaik untuk madrasah.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01