(Foto: Salah satu makam keramat tujuan ziarah Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi)


Lombok Timur - Reportase7.com

Setelah bulan suci ramadhan ummat muslim Indonesia disibukkan berbagai kegiatan keagamaan, salah satunya adalah ziarah. Sebagaimana dilakukan Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur.

Bersama ratusan jama'ah Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi beserta muta'allim muta'allimah Madrasah Diniyah Darunnajah Al-Irsyadi secara khusus menggelar ziarah ke makam wali dengan menggunakan 7 unit Bus, senin (01/05/2023).

Ustadz Ahmad Asdaruddin S. Sos, selaku ketua Dewan Pembina Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi mengatakan ziarah wali kali ini juga bertujuan mengenang jasa serta pengorbanan dari para wali dalam menyebarkan syiar Islam di pulau Lombok serta menghadirkan syiar-syiar agama sebagai bentuk upaya pendekatan diri kepada Allah SWT.

Jalinan silaturrahmi antar jamaah tersebar di berbagai wilayah Kecamatan Lombok Timur seperti Kecamatan Wanasaba, Aik Mel, Peringgabaya, Sambalia, Selong, dan lain-lain. Kegiatan yang dipimpin langsung Ustadz Ahmad Asdaruddin S.Sos juga memandu pembacaan do'a pemberangkatan ziarah para wali menjadikan wasilahnya agar selalu mendapatkan ke-ridhaan Allah SWT.

Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben Lombok Timur, dengan maksud agar Majlis ta'lim ini menjadi wadah bagi para jamaah yang selalu ingin berdzikir kepada Allah SWT secara berjamaah serta selalu ingin dekat dengan para ulama baik yang masih hidup ataupun yang sudah dipanggil Allah terlebih dahulu sehingga terselenggarakan safari ziarah wali.

Ustadz Ahmad Asdaruddin S. Sos, menambahkan setelah ramadhan sangat dibenarkan berziarah di makam orang tua dan juga ke makam orang shaleh dan para wali sepanjang ziarah itu dapat mengingatkan kita kepada akhirat.


Begitu pula ziarah ke makam para wali dan orang shaleh merupakan sebuah kebaikan yang dianjurkan sebagaimana pendapat Ibnu Hajar Al-Haytami dalam kitab Fatawa Al-Fiqhiyah Al-Kubra. Itu yang menjadi dasar para ustadz dan para jamaah mementingkan diri berziarah ke makam para wali.

Tradisi berziarah kubur ke makam para wali perlu dilestarikan karena tidak bertentangan dengan syariat Islam. Bahkan dapat mengingatkan kita akan kehidupan akhirat.

Saddam Husen S. Pd, ketua umum Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben Lombok Timur mengatakan dengan adanya kegiatan ziarah ini diharapkan dapat mempertebal keimanan dan keislaman serta menjaga kebersamaan antar jamaah Majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur.

"Semoga semua mendapat ridha dari Allah SWT," harapnya.

Kegiatan ini juga tak lepas dari pengawalan dan pengamanan Patwal  Polres Lombok Timur dan tim keamanan dari LSM GARUDA INDONESIA.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01