(Foto: Kepala Desa Pukat Zakaria, A. Md, beserta staf saat menerima mahasiswa KKL-UNSA)


Sumbawa - Reportase7.com

Bertempat di aula kantor Desa Pukat, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa telah berlangsung atau dilaksanakan acara penerimaan mahasiswa KKL UNIVERSITAS SAMAWA secara resmi, Selasa (18/07/2023).

Acara penerimaan mahasiswa KKL ini dihadiri oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Novi Kadewi Sumbawati, MM, dan Kepala Desa Pukat Zakariah, A. Md, serta Perangkat Desa setempat. Sebelumnya telah diinformasikan untuk mengikuti acara serah terima Mahasiswa KKL dari Universitas Samawa (Unsa).

Ketua Kelompok KKL mahasiswa Unsa di Desa Pukat tahun 2023 Abdul Kholid menyampaikan bahwa, maksud dan tujuan mengadakan KKL di Desa Pukat, Kecamatan Utan semata-mata untuk mengabdikan diri kepada Bangsa dan masyarakat.

"Sebagai bentuk aktualisasi pemahaman serta pengetahuan yang di dapat selama perkuliahan," ujar Abdul Kholid.

Ia juga meminta dukungan, saran serta arahan kepada unsur pemerintah Desa Pukat selama kegiatan KKL berlangsung agar program yang sudah direncanakan bisa terealisasi dengan baik.

Pada kesempatan yang sama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Novi Kadewi Sumbawati, MM, menyerahkan secara resmi mahasiswa KKL Desa Pukat sebanyak 14 orang kepada Pihak Pemerintah Desa Pukat dengan harapan mahasiswa bisa memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Pukat selama 60 hari kedepan.

Selain itu, ia juga menitipkan agar selama kegiatan KKL berlangsung apabila ada tindak tanduk mahasiswa yang kurang sejalan dengan tradisi di Desa Pukat mohon untuk bisa diarahkan.


"Saya juga berharap hubungan kita  tidak hanya 2 bulan tapi tetap berlanjut kedepannya," tandasnya.

Kepala Desa Pukat Zakariah, A. Md,  menyampaikan bahwa, kehadiran mahasiswa KKL ini menjadi suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Desa Pukat.

Ia juga mengatakan sebagai kaum intelektual kehadiran mahasiswa KKL diharapkan bisa memberikan warna baru bagi masyarakat Pukat.

Disisi lain juga beliau menyambut dengan hangat dan menerima mahasiswa KKL di Desa Pukat dengan senang hati, serta mendoakan agar semua kegiatan yang sudah direncanakan bisa terealisasi dengan baik.

"Kami menganggap mahasiswa KKL-UNSA adalah tamu di Desa Pukat ini, saya harap bisa menjadi tamu yang baik, pandai bradaptasi dan bersosial dengan masyarakat," ungkap Kades Pukat.

Pihak Desa akan membantu para mahasiswa KKL-UNSA dalam melakasanakan program kerja dan mendukung segala perogram kerja selama berada di Desa Pukat.

Pewarta: Rizky Ananda Mappuji
Editor: R7 - 01