(Foto: Laskar Sasak Jabodetabek bersama Kemensos RI dan tim medis saat tiba di bandara Bizam membantu pemulangan Nasruddin warga Sambalia yang terlantar di Jakarta)


Jakarta - Reportase7.com

Nasrudin (34) warga dusun Gubuk Daye, Desa Sambelia Kabupaten Lombok Timur ditemukan oleh Laskar Sasak Jabodetabek di wilayah Jakarta  Utara pada hari Rabu tanggal 5 Juli 2023 dalam keadaan sakit dan mengalami gangguan jiwa.

Tim Laskar Sasak Jabodetabek yang di pimpin oleh  Plt Ketua H. Samsuddin dan Ketua Divisi Kesehatan yang sekaligus Pembina Laskar Sasak Jabodetabek Dr. Zulkarnaen, S. Pd., M. Eng, membawa Nasrudin ke Rumah Sakit Jiwa Dr. SOEHARTO HEERDJAN di Grogol Jakarta Barat untuk mendapatkan penanganan dan perawatan secara intensif.


Nasrudin langsung diisolasi oleh Pihak RSJDSH dengan penanganan umum mengingat pasien belom memiliki BPJS. Laskar Sasak Jabodetabek langsung berkoordinasi dengan Kepala Kantor Penghubung NTB Jakarta Sofyan, SH, Kepala Desa Sambelia serta Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Timur untuk mengupayakan Nasrudin mendapatkan BPJS Mandiri mengingat Nasrudin dan keluarga merupakan orang yang tidak mampu.

Laskar Sasak berkoordinasi dengan Pihak terkait seperti Pemda Lombok Timur, BAZNAS Lombok Timur, Dinas Sosial Propinsi NTB dan Dinas Sosial DKI Jakarta untuk mendapatkan bantuan pengobatan Nasrudin.

Kurang lebih 2 minggu berada di RSJ Dr. Soeharto Heerdjan kondisi Nasrudin semakin membaik setelah terus mendapatkan perawatan secara berkala dan intensif, pihak Rumah Sakit Jiwa akhirnya memperbolehkan Nasrudin untuk bisa dibawa pulang ke Lombok NTB.


Dengan didampingi Ketua Tim Medis Laskar Sasak Jabodetabek dan Peksos Handayani, Kementrian Sosial RI Sri Musfiah berangkat ke Lombok pada hari senin 17 Juli 2023.

Setiba di Bandara BIZAM Lombok, rombongan disambut oleh Perwakilan DPP Laskar Sasak HL Satriadi, Mamiq Nas dan Peksos Sentra Paramita, Kemensos RI Retno Yulianti dan langsung menuju ke Sambelia rumah pasien Nasrudin.

Pukul 00,30 WITA rombongan diterima langsung oleh Kepala Desa Sambelia HM Tahar dan Kepala Dusun Gubuk Daye Desa Sambelia, Asbahan serta anak istri Nasrudin dan keluarga besar dengan isak tangis dan haru.

Pihak Keluarga yang diwakilkan oleh Pak Kepala Desa menyampaiakn rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memfasilitasi sehingga Nasrudin dapat berkumpul kembali dengan keluarga.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01