(Foto: Momen saat menyantuni anak yatim piatu oleh majelis Ta'lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben pada peringatan hari Asyura 10 Muharram 1445 H)


Lombok Timur - Reportase7.com

Momen berkah di hari Asyura atau hari ke-10 pada bulan Muharam kalender Hijriyah yang tidak boleh terlewatkan adalah menyantuni anak yatim piatu.

Setiap daerah di Indonesia memiliki tradisi tersendiri dalam memperingati hari Asyura yang jatuh pada tanggal 10 Muharam 1445 H. Salah satunya, menyantuni anak yatim sembari mengusap kepala anak yatim yang masih dilestarikan hingga kini oleh masyarakat Mamben.

Kebiasaan ini salah satunya dilakukan oleh Majlis Ta’lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur, memberikan santunan kepada anak yatim di Desa Mamben Daya Kecamatan Wanasaba, Kabupaten Lombok Timur, Jum'at (28/07/2023).

Ketua Dewan Pembina Majlis Ta’lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur, Ust. Ahmad Asdaruddin, S. Sos, mengatakan, kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim ini, dalam rangka menperingati hari Asyura’ 10 Muharam.


“Kenapa ini kita lakukan (memberikan santunan), karena ini merupakan kewajiban kepada anak-anak kita yang kurang beruntung,” ucap Ust. Asdar.

Sementara, sekretaris Umum Majlis Ta’lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur, Siti Hardianti, S. Pd, menyebut ada sebanyak 100 anak yatim yang mendapatkan santunan berupa uang tunai.

“Dari 3 Desa yakni, Desa Mamben Daya, Mamben Lauk, dan Wanasaba,” Jelasnya.

Yanti menambahkan bahwa kegiatan pemberian santunan kepada anak yatim oleh Majlis Ta’lim Darunnajah Al-Irsyadi Mamben-Lombok Timur akan tetap dilaksanakan.

“Harapannya kami tahun depan kembali dilaksanakan. Dan untuk para donator, bisa lebih meningkatkan lagi,” tutupnya.

Pewarta: Red
Editor: R7 - 01