(Foto: Wakil Memteri Agama RI Saiful Rahmat Dasuki, S.I.P., M. Si, saat mengunjungi MAN 2 Mataram)


Mataram - Reportase7.com

Wakil Menteri Agama atau Wamenag RI yang baru dilantik Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja di Lombok, Sabtu, (05/08/2023).

Wamenag RI yang baru yakni Saiful Rahmat Dasuki, S.I.P., M.Si. menggantikan Zainut Tauhid. Dalam kunjungan kerjanya, Wamenag RI mengunjungi beberapa lembaga, termasuk MAN 2 Mataram.

Beberapa pejabat sebelumnya telah berkunjung ke MAN 2 Mataram diantaranya Menteri Agama RI sendiri yakni KH. Yaqut Cholil Qaumas pada 12 Maret tahun 2021 lalu untuk meresmikan Gedung Aula Pembelajaran Terpadu MAN 2 Mataram.

Kedatangan KH. Yaqut Cholil Qaumas pada waktu itu dihadiri oleh Forkopimda NTB, yaitu Gubernur NTB, 10 Walikota dan Kabupaten di NTB, Kapolda NTB, Dandrem 162 Wirabhakti, dan Kakanwil Kemenag NTB.

Petinggi Kemenag RI lainnya yang juga pernah berkunjung ke MAN 2 Mataram adalah Wamenag RI Zainut Tauhid pada Maret 2022.

Kedatangan Wamenag RI Saiful Rahmat Dasuki kali ini adalah dalam rangka melakukan Pembinaan kepada segenap ASN di lingkup Kemenag NTB.

Sebelum kegiatan Pembinaan ASN dilakukan, terlebih dahulu sambutan selamat datang dari Kepala Kantor Kemenag NTB, H. Zamroni Azis, SHI., MH.

Dalam sambutannya, Zamroni Azis mengatakan bahwa NTB merupakan provinsi yang aman, nyaman dan tenteram karena penduduknya memahami makna moderasi beragama dengan baik.

Potret moderasi beragama di NTB ditandai dengan hidupnya sikap toleransi masyarakat NTB terhadap penganut agama lain.


Kemudian dilanjutkan dengan Pembinaan ASN di lingkup Kemenag NTB oleh Wamenag RI. Dalam pengarahannya, Saiful Rahmat bercerita jika Kementerian Agama RI baru saja meraih predikat sebagai Kementerian yang paling Harmonis 2022.

"Karena setiap orang atau pegawai yg ada di lingkup Kemenag RI memiliki sinergitas yang baik dan solid," tuturnya.

Adapun prestasi yang dipersembahkan oleh Kemenag RI ini adalah Juara 1 Implementasi Nilai BerAKHLAK Harmonis untuk tahun 2022 dari Kementerian PAN RB.

Selain dari Kementerian PAN RB, penghargaan ini merupakan kolaborasi dengan ESQ Group/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International.

Penyelenggaraan seleksi ini merupakan inisiasi dari ACT Consulting International bekerja sama dengan Kementerian PAN RB. Pembinaan ASN di lingkup Kemenag NTB tentunya akan semakin meningkatkan kedisiplinan dan kualitas kinerja.

Kegiatan Pembinaan ASN dihadiri oleh Kepala Kemenag dari 10 Kabupaten dan Kota, Kepala KUA, Pejabat Eselon III dan IV, para Kepala Madrasah dari MI, MTs, dan MA, para KUA,Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan lainnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01