(Foto: Kepala SMK Negeri 4 Mataram Iwan Supriady A. Md. Par., S. Pd, bersama Kepala Kepala SMK Negeri 1 Praya Barat, H. M. Saprial Syahroni, SE., MM, saat melakukan MoU)


Mataram - Reportase7.com

Semangat kolaborasi terus ditingkatkan oleh SMK Negeri 4 Mataram. Kamis, 24 Agustus 2023 telah dilakukan MoU dalam Program Sister School dengan SMKN 1 Praya Barat, sehari sebelumnya juga dilakukan MoU dengan SMKN 1 Pemenang Lombok Utara yang bertempat di Gedung teaching factory kuliner SMKN 4 Mataram.

SMKN 4 Mataram telah melakukan MoU Program Sister School ini dengan lima sekolah di NTB yaitu, SMKN 1 Hu'u Dompu, SMKN 1 Gerung Lobar, SMKN 1 Maluk KSB, SMKN 1 Pemenang KLU, dan SMKN 1 Praya Barat.

Kerjasama itu meliputi, Sinkronisasi Kurikulum (kurikulum dari pemerintah baik K13 maupun Kurikulum Merdeka yang di mata industri masih ada yang kurang sehingga dari sekolah bisa mengakomodir sesuai permintaan Industri namun harus sesuai Standard Kompetensi Kerja Nasional Indonesia atau SKKNI) yang bertujuan agar siswa siswi SMK sampai ke industri kompetensinya benar-benar sesuai dengan harapan industri.

Kemudian dari sekolah menyebut Kurikulum Suplemen yaitu menambah materi pembelajaran untuk melengkapi kurikulum merdeka itu, tutur Iwan Supriady A. Md. Par., S. Pd, Kepala SMKN 4 Mataram ketika ditemui diruang kerjanya Senin, (28/08/2023).

Kemudian Kerjasama dalam bidang PKL atau Prakrin misalkan seperti SMKN 1 Hu'u ingin melaksanakan PKL di Mataram, maka dari pihak SMKN 4 Mataram akan memfasilitasi (sebagai sister scholl).

Dijelaskan Iwan, SMKN 4 Mataram juga akan ada program study banding guru atau pertukaran mengajar antar guru, misalkan guru yang ada di sekolah Gerung akan mengajar di SMKN 4 Mataram begitu juga sebaliknya.

Selain adanya MoU Sister School, SMKN 4 Mataram juga menerima kunjungan studi banding antar sister school. Kemudian yang pertukaran siswa, serta adanya pertandingan persahabatan.

Kemudian dalam hal ini Iwan memaparkan tentang visi, misi dan rencana pengembangan SMKN 4 Mataram sebagai bentuk kerjasama antar kedua sekolah.

Setelah penandatanganan MOU, rombongan SMKN 1 Praya Barat melakukan school tour dalam bidang program studi banding.

Kepala SMKN 1 Praya Barat, H. M. Saprial Syahroni, SE., MM, ketika dihubungi terpisah sangat menyambut baik kegiatan ini. Ia berharap tercipta kerjasama yang baik antar kedua sekolah untuk menciptakan SDM pariwisata yang unggul dan bersaing ke depannya.

"Dengan adanya MoU ini, kedua sekolah bisa saling belajar dan berbagi tentang sistem pengelolaan sekolah sehingga pemerataan kualitas pendidikan bisa berjalan dengan baik ke depannya," tandasnya.

Pewarta: Fitri

Editor: R7 - 01