(Foto: Kepala SMK Negeri 2 Sumbawa Khaeruddin)


Sumbawa - Reportase7.com

Lima Tahun dibawah kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur NTB ZulRohmi terus fokus sumber daya pada program industrialisasi.

Industrialisasi yang dimaksud, bukan sekadar pembangunan pabrik atau permesinan yang canggih dan tampak hebat. Namun industrialisasi itu, adalah sebuah proses untuk membuat ekonomi yang maju dan modern.

Dalam mendukung program tersebut, SMK di NTB berperan sangat strategis. Untuk mewujudkan visi SMK menyukseskan program industrialisasi, pihaknya telah menyiapkan 11 strategi program SMK Gemilang untuk mentransformasikan SMK di NTB. (15/09/2023)

Berikut yang menjadi capaian SMKN 2 Sumbawa dalam 11 Strategi SMK Gemilang Karya, diantaranya;

1. Refocussing SMK.

Refocusing core ini untuk memudahkan tata kelola, SMK harus segera menjadi BLUD. Dengan demikian hal ini memudahkan menjalin kerjasama SMK dengan dunia industri. 

Kepala SMKN 2 Sumbawa Khaeruddin menerangkan ada beberapa capaian yang diperoleh sekolah selama lima tahun kepemimpinan ZulRohmi.

Dalam meningkatkan efektivitas tata kelola di SMKN 2 Sumbawa Besar. Terdapat dua core yaitu, teknologi manufaktur dan rekayasa yang tersebar pada 12 konsentrasi keahlian.

2. Pembelajaran berbasis industri dan kewirausahaan.

Pendekatan pembelajaran dengan pendekatan Teaching Factory ini semakin menguatkan iklim dan budaya industri dalam pembelajaran. Banyak sekali produk TEFA yg dihasilkan dan diterima oleh pasar, diatara produk unggulan mesin pencacah pakan ternak gemilang, petinang late (tempayan cerdas), alat penyiram otomotis dg lantuanan asmaul husna, produk2 permesinan dan pengelasan.

Pembelajaran ini berbasis produk yang dikemas dalam teaching factory serta berbasis proyek yang dikemas dalam Kelas Wirausaha. 

3. Menjadi SMK BLUD pada tahun 2022.

BLUD SMK adalah pintu transformasi pengelolaan sekolah yang cenderung kaku dan birokratis menjadi lebih sehat, efisien, efektif, responsif dan melayani, layaknya sebuah entitas bisnis

Dengan menjadi BLUD akan semakin memperkuat TEFA dan kewirausahaan di sekolah serta produk dan jasa hasil pembelajaran juga dapat dipasarkan.

Mendirikan BLUD jelas bukan urusan mudah. Namun ini juga bukan tentang berapa banyak SMK  yang dapat beralih status. Ini adalah tentang mempersiapkan masa depan para pelajar.

BLUD di SMK memberikan ruang lebih besar bagi SMK untuk memberikan layanan lebih luas. Kalaupun berbicara tentang keuntungan, rasio yang diperoleh tentu tidak sama dengan perusahaan-perusahaan komersial yang memang dibuat untuk mencari untung sebesar-besarnya. 

4. Penguatan kemitraan.

Tahun 2023 sekolah ini mendapat Anugerah Istimewa Sekolah pada kategori Kemitraan SMK tebaik dari Dinas Dikbud NTB. Kemitraan yang link and match dengan IDUKA sangat kuat di sekolah ini.

Kemitraan dengan IDUKA meliputi penyusunan kurikulum bersama dengan IDUKA, guru tamu dari industri.Tiap konsentrasi keahlian telah bekerjasama dengan beberapa IDUKA yang relevant.

Bahkan salah satu keunggulan sekolah ini adanya kelas industri PT. Trakindo Utama pada konsentrasi alat berat yang alumninya telah terserap 85%.

Disamping penyekarasan kuriklum ada guru tamu industri, on job training (PKL) guru dan siswa di industri, sertifikasi guru dan siswa, bantuan peralatan dan program penguatan pembelajaram dari industri, beasiswa dari industri sampai pada rekrutmen alumni.

5. Prestasi akademik dan non akademik yang meningkat sangat signifikan.

Dua tahun terakhir ini SMKN 2 Sumbawa Besar selalu bersuara di berbagai kompetisi baik tingkat provinsi dan nasional.

Tahun 2022, berhasil meraih juara 1 LKS Tingkat Provinsi pada 7 mata lomba, yaitu automobile technology, metrology, motorcycle repair and mainance , refregiration and air condition, industrial control,  CNC turning dan mechanical CAD dan mewakil NTB dalam tingkat nsional.

Dan pada mata lomba metrologg di LKS Tingkat Nasional meraih the medale of excelent dan juara 5 Nasional. Di tahun 2023 pada LKS tingkat provinsi kembali meraih juara 1 pada mata lomba industrial control dan akan mewakili Tingkat Nasional.

Di tahun 2023 ini juga siswa SMKN 2 Sumbawa besar meraih juara 1 pada ajang Astra Honda skill Contest for Vocational scholl  2023 region NTB dan mewakil NTB di tingkat Nasional. Prestasi non akademik juga pada tahun 2022, siswa SMKN 2 Sumbawa Besar berhasil meraih medali emas dalam Kejurnas IBCA-MMA tahun 2022.

6. Pada tahun 2023 SMKN 2 Sumbawa Besar ditunjuk sebagai penyelenggara SMK berbasis Industri 4.0

Dengan pencapaian prestasi yang gemilang ini, SMKN 2 Sumbawa Besar akan terus menjadi tonggak pendidikan yang menghasilkan generasi muda yang siap bersaing.

Pewarta: Fitri/Red
Editor: R7 - 01