(Foto: Kepala Sekolah SMAN 7 Mataram Ridha Sosalina bersama Kadis Dikbud NTB Dr. H. Aidy Furqan, M. Pd)


Mataram - Reportase7.com

SMAN 7 Mataram (SMANJU) menggelar acara perayaan HUT ke-20 pada Sabtu, 2 September 2023 bertempat di Halaman SMAN 7 Mataram. Rentang waktu 31 Agustus 2003  -  31 Agustus 2023 cukup Panjang untuk sekolah yang telah banyak melahirkan segudang prestasi dan sejumlah tokoh diberbagai level ini. (02/09/2023)

Sejak didirikan dua dekade lalu, sekolah ini telah berhasil menyediakan pendidikan berkualitas dan menjadi wahana bagi generasi muda untuk meraih mimpi mereka.

Dalam 20 tahun perjalanannya, sekolah ini telah menghasilkan banyak alumni yang sukses di berbagai bidang kehidupan, mulai dari akademisi, profesional, hingga tokoh masyarakat yang menginspirasi.

Wakasek bidang Humas Muhalim, S. Pd, mengatakan ada berbagai rangkaian kegiatan sekolah yang dilaksanakan, dari persiapan hingga pra HUT SMANJU.

"Persiapannya dari bulan agustus dengan rangkaian kegiatan jalan sehat, hafalan Qur'an, Istigosah, dan dulang pesaji di hari puncak HUTnya," ujar Muhalim.

Ia menambahkan, dibandingkan HUT SMANJU sebelumnya, tahun ini sekolah mengadakan dulang pesaji untuk membantu siswa mengingat budaya Lombok.

"Semoga dengan usia sekolah yang ke20 ini, prestasi siswa dan sekolah semakin baik hingga ke tingkat nasional," tutupnya.

Kepala SMAN 7 Mataram Ridha Rosalina mengatakan bahwa, untuk rangkaian kegiatan HUT SMANJU  sudah dimulai sejak awal bulan agustus, yang dimulai dari tanggal 1 - 7 Agustus yaitu SMANJU Futsal Tournamen (SFT) yang diikuti oleh 30 SMA/SMK sederajat, dan 10 SMP," ungkap Ridha Rosalina Kepala SMAN 7 Mataram.

"Rangkaian kegiatan ini sudah kita mulai atau sejak tanggal 1 hingga 7 Agustus, dengan mengadakan tournamen Futsal," ungkap Kasek SMAN 7 Mataram.

"Kemudian ada jalan sehat untuk keluarga SMANJU, juga ada berbagai perlombaan mulai dari pembacaan asmaul husna di kelas, lomba kebersihan kelas, dan hari ini puncaknya ada dulang pesaji," lanjut Ridha.

Ada yang berbeda dari perayaan HUT SMANJU ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, yaitu lomba Dulang Pesaji (menghadirkan masakan khas tradisional lombok, seperti ares). Hal ini bertujuan agar siswa siswi lebih memahami budaya.

Harapan di usia sekolah ke 20 ini, agar kedepannya SMANJU semakin maju, jaya dan terus meningkatkan prestasinya baik secara akademin maupun non akademik, harapnya.

"Kami mempunyai target pada sekolah, saat ini SMANJU berada pada urutan kelima diantara sekolah favorit di Kota Mataram, semoga prestasi kami naik hingga ke tingkat nasional," tandasnya.

Kepala Cabang Dinas Lombok Barat Muhajidin, MM, hadir dalam HUT SMANJU mengucapkan selamat kepada sekolah yang sudah berusia 20 tahun semoga semakin maju dan terus meningkatkan prestasi.

"Banyak perubahan yang sudah dilalui sekolah ini, tentunya dalam bidang prestasi. Dibulan Agustus juga SMANJU berhasil meraih Juara 1 dalam bidang non akademik begitu juga dengan prestasi bidang akademiknya," tukasnya.

Untuk prestasi siswa, Muhajidin menuturkan dari pihak Cabang Dinas akan memberikan reward juga akan memajang foto siswa siswi agar menjadi semangat bagi sekolah lain inilah siswa yang berprestasi.

"SMANJU ini adalah sekolah berbasis budaya dan karakter, satu-satunya sekolah yang merintis budaya," terangnya.

"Harapan kami di HUT yang ke20 ini agar terus mempertahankan prestasi (sebelumnya pernah dikenal sebagai sekolah sehat nasional), jejak-jejak Bank Sampahnya, hutan mini, pengelolaan ikan kolam, disamping itu juga guru-gurunya bisa memiliki kolaboratif tidak hanya berfikir tentang kelasnya saja, tetapi berfikir tentang pertukaran guru entah ke SMAN 5 Mataram atau ke SMAN 1 Mataram," pungkasnya.

Pewarta: Fitri
Editor: R7 - 01